Joy Wahjudi (Chief Comercial Officer PTXL Axiata Tbk) Jujur dan Profesional, Kunci Kesuksesan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 24 September 2013
Naskah: A. Rapiudin Foto: Fikar Azmy/Dok. PT XL Axiata Tbk.

Bicara PT XL Axiata (Tbk) sesungguhnya tidak bisa lepas dari sosok Joy Wahjudi. Bisa dibilang penyandang gelar master bisnis dari University of California State ini, menjadi saksi perkembangan dan pertumbuhan XL dari waktu ke waktu.


Ia mengawali karir XL sebagai General Manager bagian Planning. Performa kinerja yang moncer membuat ia mampu menduduki posisi sebagai Chief Commercial Officer (CCO) yang disandangnya sejak 2006 silam. Sebelumnya, berbagai posisi dijalani Joy, mulai dari bagian keuangan, sales hingga marketing. Ketertarikannya di bisnis telekomunikasi sebagai salah satu pemicu Joy masuk ke XL. Ya, sebelum bergabung ke XL, Joy lebih dulu berkarir di PT Mobile Seluler Indonesia.

Sebagai salah petinggi XL, Joy berharap XL bisa terus tumbuh dan berkembang hingga bisa tampil di posisi kedua dalam deretan operator telekomunikasi Tanah Air. Meski sekarang posisi itu sesungguhnya sudah disandangnya, namun Joy berharap posisi itu bisa kokoh digenggamnya.

Dalam mengembangkan XL menjadi perusahaan besar, Joy bersama jajaran petinggi lainnya menanamkan sikap kebersamaan terhadap para karyawannya. Ia ingin karyawan tak hanya sekedar bekerja di XL, tetapi berkarir untuk keluarga. “Kita ingin melihatnya sebagai keluarga yang berkarya untuk kepentingan XL. Kalau XL tumbuh karyawan beserta keluarganya juga akan menikmatinya,” ujar Joy.