Para Penantang Android

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 26 September 2013
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Dok MO/Istimewa

Sistem pengoperasian (OS) Blackberry pernah menguasai separuh bumi. Popularitasnya cepat memudar ketika sistem operasi Android hadir menawarkan ragam kemudahan. Persaingan kian tajam ketika lahir OS baru dari raksasa Apple dan Microsoft, yakni iOS dan Windows Phone OS. Kini sejumlah penantang baru siap tampil. Bersiaplah mengganti ponsel pintar Anda.

Kecanggihan ragam aplikasi dari sebuah ponsel pintar berawal dari sebuah Mobile Operating System atau Sistem Pengoperasian Genggam (Mobile OS), atau kerap dinamakan juga platform. Ini adalah sebuah sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada benda elektronik yang bersifat mobile. Mulai dari smartphone, PDA (personal digital assistant), komputer tablet, hingga PMP (portabel media player). Fungsinya mirip dengan fungsi sistem pengoperasian yang menjalankan komputer personal (Desktop PC) atau laptop/notebook, seperti, Windows, Mac OS X, dan Linux.

Mobile OS lahir 20 tahun silam, tepatnya saat IBM Simon, ponsel cerdas pertama hadir menawarkan fitur layar sentuh, email, dan fitur PDA pada 1993. Tiga tahun berselang, PDA Palm Pilot 1000 hadir dengan menggunakan Palm OS. Untuk ukuran saat ini, kedua perangkat mobile itu masih tergolong kuno.

Baru pada awal milenium kedua (tahun 2000), mobile OS modern pertama pada smartphone lahir, dengan munculnya Ericsson R380 yang menggunakan Mobile OS Symbian. Setahun kemudian Palm OS mulai diterapkan pada ponsel pintar, yakni pada ponsel Kyocera 6035.

Tahun berikutnya, BlackBerry pun merilis ponsel pintar pertamanya, dengan menggunakan    sistem sendiri yang bersifat tertutup, yakni BlackBerry OS. Di sinilah Blackberry dari RIM menguasai panggung selama lima tahun tanpa penantang berarti.

Hingga kemudian raksasa Apple Inc. berhasil menciptakan Apple iPhone pada 2007 dengan sistem pengoperasian iOS. Setahun berselang, OHA pun merilis Android 1.0, yang diterapkan pada ponsel HTC Dream (T-Mobile G1), sekaligus menjadi ponsel Android pertama.

Sejak itu, hampir setiap tahun ada OS baru yang muncul. Tahun 2009 Palm memperkenalkan webOS melalui Palm Pre, dan Samsung memperkenalkan Bada OS melalui Samsung S8500. Pada 2010, meski terlambat terjun ke medan laga, raksasa Microsoft akhirnya memperkenalkan Windows Phone OS.