Tiga Langkah Atasi Jetlag

Oleh: Rapiudin () - 26 September 2013
Naskah      : A. Rapiudin/berbagai sumber
Foto           : istimewa

Perjalanan ke luar negeri dengan jarak tempuh yang jauh dan melewati banyak perbedaan zona waktu, seringkali membuat seseorang mengalami jetlag. Gejala umum orang yang mengalami jetlag biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang amat lelah dan sulit hilang dalam waktu singkat. Gejala lainnya adalah sulit tidur, kehilangan nafsu makan, dan  mudah marah.

Gejala ini umumnya bertahan hingga beberapa hari sebagai penyesuaian diri dengan waktu yang baru. Karena itu, begitu Anda sampai di tempat tujuan sebaiknya segera menyesuaikan jam biologis, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini penting untuk membantu tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan waktu.

Jetlag adalah gangguan temporer pada jam biologis tubuh manusia akibat terbang melewati banyak perbedaan zona waktu . Dalam kondisi ini tubuh seolah tidak diberi kesempatan yang cukup untuk beradaptasi melewati zona waktu yang berbeda secara cepat. Akibatnya, antara jam biologis tubuh dengan waktu siang dan malam di tempat tujuan tidak lagi sesuai.

Apabila zona waktu yang dilewati sekitar 12 jam, maka ini adalah waktu paling besar yang memungkinkan terjadinya jetlag. Secara umum, waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zona
waktu yang baru sekitar dua hari. Tetapi, pada kondisi tubuh yang lemah, maka adaptasi bisa sampai dua pekan.

Ada banyak cara yang Anda bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan zona
waktu yang berbeda. Mulai dari sebelum perjalanan, selama di dalam pesawat terbang hingga ...