Penyakit Minggat Pasca Puasa

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 23 August 2013
Naskah A. Rapiudin/berbagai sumber Foto: Dok. MO
Puasa Ramadhan membentuk tubuh dan jiwa semakin sehat. Namun, jangan Anda runtuhkan kembali di saat lebaran tiba dengan mengonsumsi aneka makanan berlebih. Agar Anda tetap sehat di jelang dan pasca lebaran, sebaiknya Anda kontrol diri dengan asupan makanan seperlunya.

Selama menjalankan ibadah puasa, Anda mampu mengatur pola makan sehat dengan disiplin sehingga kondisi tubuh Anda tetap fit. Salah satu kebiasaan pola makan yang baik selama berpuasa adalah keteraturan dalam berbuka dan sahur.

Umumnya, kita jarang melihat orang yang mendadak gemuk pasca menjalankan ibadah puasa, meskipun asupan makanan saat berbuka relatif banyak. Hal ini bisa jadi dikarenakan teraturnya pola makan dan aktivitas ibadah fisik yang dilakukan.

Aktivitas ini akan menyebabkan adanya katabolisme atau pemecahan kalori yang masuk sehingga tubuh kita tetap akan tampil fit.

Nah, agar tetap bugar pasca puasa, sebaiknya Anda tetap mempertahankan pola pengaturan makan, kualitas, dan kuantitas makanan sehingga asupan kalori bisa terukur dan terjaga dengan baik. Ada beberapa cara untuk menjaga tubuh tetap tampil sehat dan bugar pasca puasa.  

Antara lain, selain mengatur pola makan sesuai kebutuhan kalori yang dibutuhkan, juga bisa dengan melakukan aktivitas pembakaran energi yang optimal. Jika Anda suka makan banyak, maka sebaiknya Anda melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori sehingga energi yang masuk dan yang keluar seimbang dan tidak berubah menjadi lemak.

Di saat lebaran, biasanya banyak orang yang tidak mampu mengontrol nafsu makan lantaran begitu banyak hidangan yang menggoda selera. Pola makan yang tidak terkontrol inilah yang bisa mengakibatkan banyak penyakit kronis dapat kambuh kembali.

Beberapa penyakit yang sering dijumpai pasca lebaran adalah hipertensi, kolesterol tinggi, asam urat, serta kadar gula pada penderita diabetes yang tidak terkontrol. Termasuk juga penyakit pada infeksi saluran pernapasan, seperti influenza, batuk, dan pilek.

Penyakit-penyakit ini biasanya timbul saat seseorang mengalami kelelahan. Menurut Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dari Departemen Ilmu ...