Waspadai Tidur Mendengkur

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 23 August 2013

Naskah: A. Rapiudin/berbagai sumber  Foto: Istimewa

Banyak orang menganggap sepele persoalan mendengkur di saat tidur. Bahkan, banyak orang pula yang mengira jika tidur mendengkur sebagai pertanda tidur yang terlalu lelap. Padahal, tidur mendengkur bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh. Waspadai dan kenali gejalanya!

Mendengkur adalah suara yang dikeluarkan seseorang yang sedang tidur dan pada umumnya disebabkan oleh pernyempitan saluran pernapasan. Penyempitan ini menyebabkan adanya getaran pada bagian-bagian lunak saluran napas sehingga menghasilkan suara mendengkur atau mengorok.

Meski banyak orang menganggap tidur mendengkur sebagai hal yang umum, namun ini bukanlah persoalan sepele. Karena mendengkur nyatanya memiliki dampak yang berbahaya bagi kita. Apalagi, saat tidur mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat menyempitnya saluran pernapasan. Jika gangguan suplai oksigen itu berlangsung lama maka tubuh kita akan kekurangan pasokan oksigen.

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita obstructive sleep apnea (OSA) saat mendengkurnya sudah mencapai tahap menghentikan pernapasan untuk beberapa saat. Ciri dengkuran yang dianggap berbahaya adalah ...