FLEI EXPO 2024 Kembali Digelar Demi Ciptakan Peluang Bisnis Baru

Oleh: Syulianita (Editor) - 10 May 2024

Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) telah resmi dibuka pada Jumat, (10/5/2024). Acara ini akan berlangsung hingga 12 Mei 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran, dengan tujuan mendorong pertumbuhan industri waralaba dan lisensi. Edisi ke-22 FLEI mengangkat tema "Connecting Business", dengan maksud untuk memperkuat hubungan bisnis dan menciptakan peluang baru di tengah perubahan pasar yang dinamis.

FLEI 2024 menampilkan beragam jenis waralaba, mulai dari makanan, minuman, laundry, mini market, toko buku, hingga barber, yang menawarkan peluang waralaba dengan nilai investasi dan keuntungan yang beragam.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), Levita Ginting Supit, minat terhadap bisnis waralaba Indonesia semakin meningkat baik dari pelaku usaha lokal maupun asing. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bisnis waralaba baru yang muncul sebagai respons terhadap permintaan yang tinggi.

Pameran ini diharap mendapat tanggapan positif dari para peserta, pengunjung, dan bahkan generasi muda yang ikut serta dalam kompetisi Ecopreneur Challenge.

Juan Permata Adoe, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN, menekankan optimisme terhadap iklim ekonomi yang mendukung usaha. "Kami sangat yakin bahwa ekonomi pasca pembentukan pemerintahan baru akan sangat kondusif dan pro-bisnis," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa kondisi ekonomi yang mendukung ini adalah kunci untuk memperluas pasar dan meningkatkan standar operasional, sehingga mendorong industri waralaba Indonesia ke arah yang lebih profesional dan terstandarisasi.

Lebih dari sekadar pameran, FLEI juga menyelenggarakan serangkaian konferensi bisnis yang menarik. Peserta akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan dan berinteraksi langsung dengan para ahli terkemuka di bidang manajemen, keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan operasional.

Industri waralaba dan lisensi di Pameran FLEI diperkuat oleh kemitraan dengan KADIN, WALI, Franchise Academy Indonesia, serta Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi dan UKM, serta oleh keterlibatan mitra bisnis dan komunitas seperti TES, Finansialku, TDA, Cervo, Ilmu Keuangan, HIPPINDO, dan APRINDO. Kerjasama ini diperkuat dengan keterlibatan mitra terpercaya seperti Top Coach Indonesia, Gowork, Crystalin, Jumpstart, Undangin. (Agnes)