Jakarta Pet Expo, Pameran Internasional Pertama untuk Perawatan & Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan

Oleh: Angie (Editor) - 08 May 2024

Untuk pertama kalinya PT Songolas Exhibition Services (19 Events) akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan hewan kesayangan pada 27-30 November 2024 di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran. Acara ini akan menjadi pameran dagang internasional pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk sektor perawatan maupun kebutuhan hewan kesayangan serta inovasinya menjadi wadah perkembangan sektor hewan kesayangan yang ideal.

Tercatat populasi hewan kesayangan di Indonesia meningkat sebesar 75,7% antara tahun 2017 dan 2022, dengan anjing, kucing, burung, dan ikan menjadi hewan kesayangan yang umum. Pada masa pandemi tingkat pembelian makanan untuk hewan kesayangan menjadi meningkat hingga mencapai 17% atau 932,2 juta kg dan diperkirakan para pemilik hewan kesayangan bisa merogoh pengeluaran hingga 1 juta per bulannya untuk produk-produk perawatannya.

Salah satu pendukung Jakarta Pet Expo, Drh. Syahroni Djaidi selaku Ketua Umum PPMHKI (Perhimpunan Pengusaha Makanan Hewan Kesayangan Indonesia), menyampaikan, “Kami melihat bahwa industri hewan kesayangan di Indonesia kini berkembang dengan pesat dan diproyeksikan akan mencapai 1,7 miliar pada tahun 2027. Asosiasi kami tentu saja menyambut dengan optimis terobosan-terobosan baru yang akan dihadirkan pada pameran ini, sehingga bisa memberikan variasi dan inovasi terbaru pada industri makanan hewan kesayangan di Indonesia.”

 

Untuk semakin memperluas pasar industri, selain menargetkan produk-produk lokal Indonesia, Jakarta Pet Expo juga menargetkan produk-produk yang berasal dari China, Thailand, Jepang, Korea & Jerman. 

“Pameran B2B di sektor kebutuhan hewan kesayangan merupakan terobosan baru di Indonesia. Diharapkan Jakarta Pet Expo 2024 ini akan menjadi wadah yang tepat bagi pebisnis makanan dan aksesoris hewan kesayangan, pet groomer, dokter hewan, distributor, ataupun end-customer pemilik hewan kesayangan dari seluruh target negara untuk menjadi penghubung mereka dalam aktivitas industri.” ucap Deny Yunus selaku direktur PT Songolas Exhibition Services (19 Events), penyelenggara Jakarta Pet Expo 2024.

Jakarta Pet Expo sendiri akan diselenggarakan bersama dengan China HomeIife Indonesia 2024 dan juga Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024. Dengan adanya penggabungan penyelenggaraan ini dapat memperluas pasar pengunjung di Indonesia. (Elly S | Foto: Dok. 19 Events)