Wanita Kerajaan Tercantik Abad ke-21

Oleh: content (Administrator) - 27 June 2013
Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber   Foto: Dok. MO/Istimewa

Era kerajaan memang sudah berakhir, tergantikan oleh sistem demokrasi yang sangat populer. Namun di banyak negara, lembaga kerajaan masih dipertahankan. Oleh sebab itu, masih banyak raja, ratu, dan tentu saja putri-putri kerajaan, dan anggota keluarga kerajaan lainnya. Di bawah ini adalah daftar wanita-wanita tercantik yang masih memegang predikat sebagai anggota keluarga kerajaan di abad ke-21. Tentu saja versi Men’s Obsession.


1.    Charlotte Casiraghi (Monaco)
Wanita muda, cantik, nan anggun, ini, lebih mirip selebriti papan atas ketimbang seorang putri kerajaan. Padahal, Charlotte Marie Pomeline Casiraghi, demikian nama dan gelar resminya di Kerajaan Monaco, adalah pewaris tahta nomor empat.

Ia adalah putri dari Putri Caroline dari Monaco, dan merupakan cucu dari pasangan Pangeran Rainier III dan Putri Grace Kelly. Raja Monaco sekarang ini, Albert II, adalah paman dari Charlotte Casiraghi. Charlotte, kelahiran La Colle, 3 Agustus 1986, adalah seortang atlet berkuda profesional.

2.    Rania Al-Yasin (Jordan)
Gelar resminya di Kerajaan Yordania adalah Queen Rania Al Abdullah of Jordan. Dialah ratu Yordania yang kondang berkat kecantikan dan keanggunannya. Yang lebih membanggakan bagi ratu berusia 43 tahun, ini, ia tidak memiliki wanita saingan di kerajaan.

Maklum, tak seperti di dunia Arab lainnya, raja di Yordania hanya memiliki satu istri, alias tanpa selir. Wanita bernama lengkap Rania Al-Yasin ini tidak lahir dari keluarga kerajaan, melainkan dari orang tua Palestina biasa. Ia termasuk wanita terpelajar yang pernah berkarier di bank dan industri IT sebelum diperistri oleh raja Abdullah Al-Hussain.

3.    Ameera Al-Taweel (Arab Saudi)
Dengan gelar resmi Princess Ameera bint Aidan bin Nayef Al-Taweel, wanita cantik kelahiran 6 November 1983, ini, adalah istri Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi. Bukan sekadar calon ratu, Ameera terkenal karena kecantikan dan kedermawanannya. Ia dikenal sebagai aktivis kemanusiaan dan memimpin berbagai lembaga kemanusiaan yang didirikan oleh suaminya.

Ia lulus dari University of New Haven dengan predikat magna cum laude bidang Business Administration. Ia masuk dalam daftar Middle East 100 Most Powerful Arab Women 2012.

4.    Riya Dev Varma (India)
Dia adalah cucu Princess of Cooch Behar, dan cicit dari Maharaja Sayajirao Gaekwad III of Baroda, India. Wanita muda kelahiran 24 Januari 1983 yang dikenal dengan nama Riya Sen, ini, adalah seorang model dan aktris film Bollywood.

Ia memang datang dari keluarga aktris dan aktor dari pihak ibunya. Sementara sang ayah, Bharat Dev Varma, adalah anggota keluarga Kerajaan Tripura di India. Neneknya, Ila Devi, adalah putri kerajaan Cooch Behar, dan juga cucu keponakan dari, Gayatri Devi, Maharani of Jaipur yang terkenal itu.

5.    Raden Ayu Ardhia Pramesti (Indonesia)
Raden Ayu Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro lebih sering dipanggil Tata, adalah keluarga bangsawan Mangkunagaran, yang dinastinya didirikan oleh Pangeran Sambernyowo.

Tata yang lahir di Jakarta 2 April 1975, adalah putri pertama dari tiga putri RM Bambang Soetjahjo Adji Soerjosoebandoro, bangsawan Mangkunagaran. Sejak usia lima tahun, Tata mengikuti ayahnya yang bekerja di kantor agen PT Adhika Admiral Line di Singapura.

Tamat sekolah menengah, Tata kuliah di University of New South Wales, Australia, di bidang pertamanan (landscaping). Pada 1997, Tata diperistri oleh Tommy Soeharto, putra bungsu Soeharto (presiden kala itu). Ketika Soeharto jatuh dan Tommy akhirnya dipenjara, Tata memutuskan bercerai  pada tahun 2006.

6.    Isabeau De Tallens (Perancis)
Nama dan gelar resminya adalah Grand Duchess Isabeau De Tallens y De Bourbon, Princess du Sang of France. Isabeau adalah keturunan King Henry IV dari Perancis. Meski demikian, ia juga berdarah Filipina dari sang ibu, Mestiza.

Isabeau tampil di berbagai media sebagai model, namun hasilnya disumbangkan sepenuhnya untuk yayasan yang didirikannya, Isabelle Fund and the Heart of Hearts Foundation. Yayasan ini khusus membantu anak yatim piatu dan orang tua jompo.

7.    Noor Asem (Yordania)
Bernama lengkap Puntri Noor binti Asem, wanita kelahiran 6 Oktober 1982, ini, adalah anggota keluarga kerajaan Yordania. Ayahnya, Pengeran Asem bin Al Nayef, adalah cucu Raja Abdullah I, sementara ibunya bernama Firouzeh Vokhshouri, atase kedutaan Yordania di Madrid, Spanyol.

Tahun 1985, orang tuanya bercerai, dan setahun kemudian sang ayah menikahi Putri Sana Asem. Putri Noor sendiri menikah pada 2003 dengan sepupu keduanya sendiri, Pengeran Hamzah bin Al Hussein.

8.    Jetsun Pema Wangchuck (Bhutan)
Menikah dengan Raja Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, pada 13 Oktober 2011, mengantar wanita cantik ini duduk di singgasana Permaisuri Bhutan, dan mendapatkan nama dan gelar resmi Queen Jetsun Pema Wangchuck of Bhutan. Kelahiran 4 Juni 1990, Jetsun adalah orang biasa putri pasangan Dhondup Gyaltshen dan Sonam Chuki.

9.    Lalla Salma Bennani (Morocco)
Lahir pada 10 Mei 1978, Putri Lalla Salma Bennani menikah dengan Raja Mohammed VI dari Maroko pada 21 Maret 2002.

Mereka bertemu pada sebuah pesta pribadi pada 2009. Sebelumnya, Lalla bekerja di ONA Group, perusahaan swasta terbesar di Maroko. Konon, Lalla mau menerima pinangan raja dengan satu syarat: tak ada poligami.

10.    Letizia Ortiz (Spanyol)
Bergelar resmi Princess of Asturias, Letizia Ortiz Rocasolano adalah orang awam yang menikah dengan keluarga kerajaan. Awalnya, Leitizia berprofesi sebagai penyiar televisi di Spanyol sebelum dipinang oleh Pangeran Felipe, pewaris tahta Kerajaan Spanyol. Wanita kelahiran 15 September 1972, yang datang dari keluarga jurnalis, ini, sudah dikaruniai dua orang anak.