Sinergi Anlene dan PEROSI Hadapi Tantangan Kesehatan Lansia di Bulan Ramadan

Oleh: Angie (Editor) - 05 April 2024

Lansia di Indonesia sering mengalami keluhan kesehatan yang hilang timbul, termasuk menurunnya kepadatan tulang, otot, dan sendi. Hal ini menjadi perhatian serius mengingat dampaknya terhadap kualitas hidup mereka.

Di bulan Ramadan, di mana intensitas ibadah meningkat, gerakan salat seperti sujud dan rukuk yang dilakukan kelompok lansia kerap menimbulkan rasa nyeri, khususnya di bagian sendi dan otot lutut, yang dapat disebabkan oleh pengapuran kepadatan tulang, otot, dan sendi seiring melemahnya tubuh karena penurunan usia. Oleh karena itu, penting bagi kelompok lansia untuk mengonsumsi vitamin D, vitamin C, dan kalsium yang tinggi guna menjaga kesehatan tulang dan menghindari nyeri yang disebabkan oleh pengeroposan.

Atas dasar itulah Anlene mengumumkan inisiatif terbarunya untuk menyediakan akses pada susu Anlene senilai Rp 10 Miliar bagi masyarakat umum di seluruh Indonesia, terutama kelompok lanjut usia. Distribusi lebih dari 50.000 kaleng susu ini merupakan bagian dari upaya nasional yang dilakukan melalui berbagai program, termasuk kerja sama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) untuk wilayah Jabodetabek. Bersama-sama, mereka berupaya memberikan edukasi kesehatan tulang, sendi, dan otot secara massif kepada masyarakat.

Menanggapi hal ini, Dr. dr. Tirza Z Tamin, Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), menyatakan, "Tantangan-tantangan ini semakin menggarisbawahi betapa signifikannya mengatasi kekurangan nutrisi pada populasi lansia untuk mencegah dan menangani kondisi kronis seperti osteoporosis dan osteoartritis."

Riescha Gayatri, Marketing Director Fonterra Brands Indonesia mengatakan Anlene berbagi kepedulian yang sama dengan PEROSI. “Kami mengumumkan inisiatif ini untuk mendukung para lansia di Indonesia. Didistribusikannya susu Anlene bertujuan memastikan bahwa lansia yang membutuhkan dapat memiliki akses kepada nutrisi penting ini menjadikan bulan Ramadan tahun ini begitu bermakna bagi kami," jelasnya.

Haryadi Raharjo, Scientific & Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia, menyimpulkan, "Dengan pengalaman lebih dari dua dekade menjawab kebutuhan nutrisi lansia dalam mencegah pengeroposan tulang, otot, dan sendi, Anlene menawarkan kandungan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan kelompok usia dewasa, dengan keunggulan tinggi, Vitamin D, dan protein untuk memperkuat tulang dan otot."