GIICOMVEC 2024 Pameran Kendaraan Komersial Dorong Green Mobility

Oleh: Angie (Editor) - 13 March 2024

 

GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo  2024 (GIICOMVEC), pameran industri kendaraan komersial dan pendukung, digelar dari Jumat 8 Maret hingga Minggu 10 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Acara ini dihadiri oleh puluhan merek dari industri kendaraan komersial dan pendukung.

Pembukaan resmi GIICOMVEC 2024, sebuah pameran bisnis ke bisnis (B2B) khusus untuk industri kendaraan komersial, dilakukan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Taufiek Bawazier, Ketua Umum GAIKINDO, dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, industri kendaraan bermotor Indonesia berhasil mencatatkan angka wholesales yang mengesankan, melampaui satu juta unit. Industri kendaraan komersial memberikan kontribusi sebesar 23,6%, namun angka tersebut masih perlu ditingkatkan. Nangoi menyatakan keyakinannya bahwa penyelenggaraan pameran khusus kendaraan komersial akan memberikan dorongan positif pada capaian industri kendaraan komersial Indonesia, menuju target positif sejumlah 270 ribu unit pada tahun 2024.

Nangoi juga menjelaskan tentang kolaborasi antara pemerintah dan industri dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri, mulai dari barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, hingga pertambangan. Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, menekankan pentingnya dukungan dari para pelaku industri dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang menerapkan green mobility. Hal ini menjadi fokus utama manufaktur untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi, sehingga sektor otomotif dapat mendukung target carbon neutral di tahun 2060. Menurut Menteri Perindustrian, hal ini membuka kesempatan untuk mendukung kinerja ekspor industri otomotif Indonesia.

GIICOMVEC 2024 menampilkan beragam kendaraan komersial dari merek-merek ternama. Hall A menampilkan light commercial vehicle dari merek Daihatsu, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling, sementara Hall B menampilkan kendaraan dari merek Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, UD Trucks, dan United Tractors. Tak hanya itu, terdapat juga pameran dari karoseri seperti Adiputro, Delima Mandiri, MTU, dan industri pendukung lainnya yang turut memeriahkan acara GIICOMVEC 2024.