Ivan Gunawan Bina Dua Jenama UMKM Bandung dan Tampil dalam Menswear Raya Collection 2024

Oleh: Angie (Editor) - 29 January 2024

Setahun belakangan ini Ivan Gunawan melebarkan usahanya dan mendukung ekonomi kreatif dengan mengadakan mentoring dan mengangkat dua jenama UMKM dari Bandung. Dua jenama menswear tersebut kemudian ditampilkan ke khalayak dalam satu fashion show bersama, Raya Collection 2024 di Hotel Borobudur Jakarta (24/1).

Sebagai desainer senior dia ingin menjadi jembatan kesuksesan buat teman-teman desainer yang memiliki usaha fashion, khususnya menswear. Karena memang menswear tergolong kurang di Indonesia.

“Dua jenama yang saya angkat adalah JION dan YASA. Mereka saya bina, beri arahan, dan kemudian saya bawa masuk ke dalam holding Ivan Gunawan Group. Saya menemukan JION dan YASA sekitar dua tahun yang lalu, karena saya awalnya suka membeli produk mereka. Untuk fashion show Raya Collection 2024 ini, saya sudah bisa dengan bangga menampilkan mereka ke publik,” ungkap Ivan. Berbagai busana pria pun ditampilkan mengusung kekhasan  masing-masing dan mendapat apresiasi dari para pecinta mode yang hadir dalam acara ini.

 

JION: HARMONI RAMADHAN

Untuk fashion show Raya Collection 2024, JION menghadirkan koleksi Ramadhan dengan desain siluet oversized yang sedang trending. Terdiri dari setelan vest berpengait simpul, kemeja berornamen simpul bersurai, kemeja lengan pendek ber-layer 3D, kemaja panjang melewati kaki yang avant-garde, dan celana-celana lebar. "Koleksi ini adalah harmoni antara kekayaan alam Indonesia dan kehangatan ramadhan. Setiap jahitan adalah kisah keelokan alam yang memeluk keberagaman, dan setiap warna menciptakan pantulan spiritualitas bulan suci,” ujar Wildi Cahya dari JION.

Warna pilihan JION untuk 15 set rancangan ini adalah dominasi earth tone seperti coklat, beige dan terracotta, lalu diselipkan warna biru muda yang aman dan tenang. Semua menggunakan bahan linen dan katun, dengan sentuhan detail embroidery. Dalam fashion show ini, JION mengajak lima influencer: Rangga Moela, Kenneth Santana, Kent Hadi, Lucky Oetama, dan Wisnu Genu.

 

YASA: KERANCANG MINANG

 

Tampil beda di hari Idul Fitri, YASA menampilkan koleksi kemeja Ramadhan yang mengangkat bordir Kerancang Minang dari Sumatera Barat dalam fashion show Raya Collection 2024. Kemeja didesain elegan, berkelas, dan berwibawa, menggunakan warna-warna netral seperti beige dan abu-abu, kemudia warna berani seperti merah marun. Hiasan bordir Kerancang Minang disematkan dengan komposisi pada bagian dada dan ujung lengan. Kerancang adalah bordiran halus dengan lubang-lubang yang terbentuk dari jalinan benang bordir.

Jenama YASA lahir di era pandemi tahun 2020 di Bandung. Jale, nama di balik YASA, awalnya ingin membantu karyawan perusahaan ibunya yang kehilangan pekerjaan. Utamanya mereka adalah penjahit lipatan buku-buku ensiklopedia.  Ternyata mereka juga memiliki keterampilan sulam tangan. Karena Jale juga tertarik pada pembuatan kemeja-kemeja pria, ia pun mengkaryakan para pengrajin tersebut untuk berkreasi.

 

IVAN GUNAWAN: RADIANT RAYA REVERIE

Ivan Gunawan Raya Collection 2024 sendiri mengetengahkan satu koleksi rancangan yang santai ala resortwear bersiluet longgar dan nyaman, dengan dasar inspirasi dari gaya berpakaian pria India. Kemeja-kemeja longgar dengan detail cut out menjadi aksen utama, dikenakan dengan tanktop di bagian dalam atau dibiarkan tanpa dalaman untuk kesan santai. Panjang kemeja bervariatif, dari mulai cropped top yang trendy, hingga yang panjang khas kemeja Kurta yang sopan.

Selain menswear, Ivan juga melengkapi koleksi ini dengan sejumlah rancangan untuk perempuan, bergaya hippie urban, bermain layer, gaun-gaun panjang yang lembut, menggunakan bahan-bahan yang Ivan temukan di butik-butik kain di Paris. Materi yang digunakan 80% linen yang nyaman dan berkesan classy. “Saya sangat menyarakan memakai bahan linen untuk berhari raya, linen lebih enak, nyaman,” ujar Ivan. Sebagai pelengkap alas kaki, ia memilih sepatu Mario Minardi, 100% leather, made in Indonesia, untuk menyempurnakan tampilan keseluruhan secara maksimal. (Elly Simanjuntak | Foto: Dok. Ivan Gunawan Group)