Semen Merah Putih Paparkan Rencana Bisnis, Hadapi Tahun Politik dengan Inovasi

Oleh: Angie (Editor) - 21 December 2023

Semen Merah Putih, produsen semen dan material bangunan di Indonesia, mengumumkan rencana bisnis ambisius mereka untuk tahun 2024 setelah kesuksesan pada tahun sebelumnya. Dalam sorotan tahun 2023, perusahaan mencatat pertumbuhan yang solid di tengah dinamika industri konstruksi yang memperlihatkan kenaikan pasar semen Indonesia sebesar 1.5%.

Meskipun pasar semen Indonesia mengalami peningkatan, Semen Merah Putih berhasil mempertahankan pertumbuhan positifnya sebesar 2% untuk total semen kantong dan semen curah. Dengan dominasi sebesar 65% di pasar semen kantong dan pangsa pasar yang kuat di Jawa dan Sumatera, perusahaan ini juga mencatat lonjakan sebesar 47% dalam jumlah pelanggan.

Dalam menyongsong tahun politik 2024, Semen Merah Putih menegaskan komitmennya untuk mempertahankan pertumbuhan positif, terus berinovasi di berbagai sektor, dan meraih target bisnisnya.

Menanggapi tantangan tahun politik, Pengamat Ekonomi, Poltak Hotradero, menggarisbawahi peluang pertumbuhan signifikan di industri semen dan konstruksi, terutama karena penurunan inflasi global yang diperkirakan berlanjut di 2024. Meskipun industri semen Indonesia menghadapi tekanan akibat kelebihan kapasitas, terdapat peluang ekspor yang perlu dieksplorasi, terutama di kawasan Asia, Afrika, dan Oceania.

"Inovasi menjadi kunci membuka peluang di industri konstruksi dan infrastruktur. Perlu eksplorasi potensi ekspansi, baik di dalam negeri maupun melalui kerjasama internasional," ungkap Poltak.

Sementara itu, Surindro Kalbu Adi, Direktur Komersial dan Logistik Semen Merah Putih, menekankan optimisme terhadap prospek industri semen pada tahun mendatang. Dukungan pemerintah terhadap proyek infrastruktur strategis, seperti jalan tol, menjadi pendorong pertumbuhan yang signifikan.

“Oleh karena itu, didorong dengan keberlanjutan inovasi di setiap aspek proses operasional, mulai produk, brand, logistik, distribusi dan digitalisasi layanan. Di tahun 2024, kami yakin dengan berbagai inovasi nyata yang sudah dan akan kami lakukan, semen merah putih akan bertumbuh 2 kali dari pertumbuhan pasar. Untuk mendorong pertumbuhan positif ini, kami juga mengharapkan dukungan industri semen untuk dapat bersama-sama mempertahankan kestabilan harga yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti energi cost sampai tekanan persaingan,” Surindro menegaskan.

Semen Merah Putih juga menegaskan komitmen terhadap inovasi nyata sebagai fondasi keberlanjutan bisnis mereka. Focus pada pengembangan produk berkualitas, digitalisasi layanan, dan optimalisasi infrastruktur logistik, serta inovasi dalam proses produksi yang ramah lingkungan, menjadi prioritas perusahaan.

"WATERSHIELD menjadi produk unggulan kami, membawa teknologi water repellent yang memberikan perlindungan terhadap rembesan air pada bangunan," jelas Surindro.

Dengan rencana ekspansi produk dan upaya "greenovation" untuk mengurangi emisi karbon, Semen Merah Putih meyakini bahwa masa depan industri semen adalah yang lebih ramah lingkungan.

Inovasi dan komitmen pada keberlanjutan pun akan tetap menjadi fokus utama Semen Merah Putih dalam menjaga posisi terdepannya di industri konstruksi Indonesia.