Hibank Luncurkan Campaign #everydayhiro, Perkuat Dukungan Terhadap UMKM Indonesia

Oleh: Angie (Editor) - 11 November 2023

Memasuki fase baru dalam peran strategisnya sebagai Agen Pembangunan Nasional, PT Bank Hibank Indonesia (hibank), anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), meresmikan transformasi sebagai penyedia layanan perbankan digital. Langkah tersebut diambil dengan penuh semangat, khususnya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kampanye terbaru, #everydayhiro, diluncurkan sejalan dengan peringatan Hari Pahlawan RI pada 10 November 2023.

 

Jenny Wiriyanto, Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia, memaparkan, "Kampanye #everydayhiro mencerminkan semangat kepahlawanan hibank sebagai perusahaan dan sekaligus semangat kepahlawanan para pelaku UMKM dalam kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi nasional." Dengan visi "UMKM First Bank," hibank berkomitmen menjadi pilihan utama sebagai Bank Digital UMKM Unggulan di Indonesia.

 

Jenny menekankan peran UMKM sebagai pilar ekonomi bangsa, menyumbang sekitar 66% terhadap GDP Nasional dan menyerap hampir 99% tenaga kerja di Indonesia. "Momen Hari Pahlawan ini menjadi inspirasi bagi kami untuk mendorong lahirnya pahlawan ekonomi yang akan terus memajukan Indonesia," tambahnya.

 

Tantangan yang dihadapi UMKM, terutama terkait akses ke layanan perbankan, menjadi fokus utama hibank. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tahun 2022 hanya sekitar 36% UMKM yang memiliki akses ke layanan formal perbankan. Dalam konteks ini, hibank aktif meningkatkan alokasi pendanaan dan menghadirkan layanan perbankan digital yang relevan dengan kebutuhan UMKM.

 

Jenny menyatakan, "Kami berkomitmen menjadi mitra yang tidak hanya memberikan layanan keuangan, tetapi juga menghubungkan UMKM dengan solusi dan layanan yang diperlukan melalui pembentukan dan pemberdayaan ekosistem."

 

Hingga Oktober 2023, hibank telah berhasil menyalurkan 31,8% dari total kreditnya, atau sekitar Rp1,74 Triliun, sesuai dengan rencananya untuk meningkatkan porsi penyaluran kredit bagi UMKM hingga 45% pada tahun 2024.

 

Okki Rushartomo, Corporate Secretary BNI, menyoroti arah masa depan perbankan yang semakin digital. "Dengan adanya hibank, kami berupaya membantu UMKM naik kelas, memberikan akses ke layanan perbankan yang lebih efisien dan komprehensif," pungkas Okki. Sebagai bagian dari komitmen ini, BNI memastikan solusi finansial terintegrasi dapat diakses setiap harinya oleh nasabahnya.