I2SPE Perkuat Keberlanjutan dengan Transformasi Digital dan Energi Terbarukan

Oleh: Angie (Editor) - 01 November 2023

Indonesia International Sustainable Procurement Expo 2023 (I2SPE): Transforming Procurement and Nurturing Sustainability Beyond Boundaries.

 

Indonesia International Sustainable Procurement Expo 2023 (I2SPE), yang dikenal sebagai I2SPE digelar pada 30-31 Oktober 2023 di The Westin Jakarta. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) untuk memperluas wawasan pengadaan secara internasional, terutama dalam konteks pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia. I2SPE  yang juga adalah salah satu rangkaian acara dari ISPE yang diselenggarakan pada Maret lalu di JIEXPO Kemayoran, mengusung tema "Stronger Sustainability with Digital Transformation and Renewable Energy." Airmas Group adalah sponsor utama acara ini, yang memiliki tiga brand, yaitu AyooKlik, CobasStore, dan Atoz Az.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh penting seperti Hendrar Prihadi, Kepala LKPP Indonesia, Sutardi Ketua Umum AKEN, Ari Kun Widodo Presiden Direktur Airmas Group, serta Executive Director Philippines Procurement (GPPB-TSO) Rowena Candice M. Ruiz dan Ahmad Fauzi Sungip dari Kementerian Keuangan Malaysia.

Selama upacara pembukaan, I2SPE juga memberikan Penghargaan Pengadaan kepada pihak-pihak terbaik dalam pengadaan, termasuk Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI yang melakukan transaksi pengadaan terbanyak melalui Toko Daring.

Selain itu, Penghargaan Sustainable Procurement diberikan kepada Husin Ansari dan Deby Sandra. Acara pembukaan ini juga dihadiri perwakilan dari beberapa negara, seperti Armenia, Kuwait, Kamboja, Filipina, dan Bangladesh. Acara ini ditutup dengan Booth Tour. Para tamu undangan berkeliling ke booth yang ada di I2SPE, termasuk booth milik Basuki Surodjo, Pendiri Airmas Group.

Acara dilanjutkan dengan serangkaian seminar yang dihadiri para ahli dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Para pengunjung tampak antusias, aktif bertanya, dan mencatat informasi penting. Kolaborasi dan pertukaran pengetahuan tidak hanya terjadi antara pengunjung acara, tetapi juga melibatkan Mrs. Rowena, Kepala LKPP dari Filipina, yang mendapatkan pemahaman baru tentang sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia.

I2SPE juga mengadakan Talkshow Startup yang menjadi ajang pembelajaran bagi kaum muda dalam membangun dan mengembangkan startup mereka. Bincang-bincang ini dihadiri oleh para ahli seperti Angga Fauzan, CEO & Co Founder MySkill, Joe William Wartono, Head of Academy Sevenpreneur, dan Fano Alfian Ardyansyah, CEO & Co Founder Ailesh.

Pada hari kedua, I2SPE lebih difokuskan pada pengunjung dari sektor korporat, terutama terkait Sosialisasi New Platform E-catalog. Platform ini diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan belanja Produk Dalam Negeri (PDN), meningkatkan efisiensi belanja negara, mempercepat proses pengadaan barang/jasa, serta meningkatkan transparansi dalam proses pengadaan. Bapak Fadli Arif, Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP, dan Bapak Tri Wahyu Widodo, Ketua Umum Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia, memberikan paparan yang diapresiasi para pengunjung.

I2SPE berakhir dengan closing ceremony yang menghadirkan Mega Doorprize berupa dua unit smartphone dan laptop. Acara ini juga memberikan penghargaan pada booth terbaik, booth favorit, dan pemenang dari Startup Summit Program. I2SPE direncanakan akan hadir kembali pada tahun 2024 mendatang.

Angie | Dok. I2SPE