Wujudkan Kedaulatan Pangan di Papua

Oleh: Giatri (Editor) - 04 November 2023

Papua merupakan salah satu wilayah nusantara yang memiliki kekayaan alam luar biasa terutama dari sektor tambang dan migasnya. Namun, limpahan sumber daya alam di Papua ternyata tak membawa berkah bagi masyarakat setempat. Bahkan, negeri yang berlimpah kekayaan alamnya ini termasuk wilayah termiskin di Indonesia.

Tak hanya itu, menurut catatan Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang bertajuk Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Tahun 2022 (Data Indikator Tahun 2021), 10 kabupaten dengan ketahanan pangan terendah, semuanya berada Papua.

Salah satunya Yahukimo yang belakangan menjadi sorotan lantaran sebanyak 24 warga di wilayah Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, meninggal dunia karena kekurangan pangan.

”Untuk itu, pemerintah akan memprioritaskan ketahanan pangan di wilayah Papua,” ungkap Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono kepawa media saat ditemui dalam acara FGD Pengelolahan Pangan Lokal Sebagai Gerakan Nasional Pengurangan Kehilangan dan Pemborosan Makanan, di Sari Pacific Jakarta (4/11/2023).

Memang, kata Mardiono, membangun ketahanan pangan di Papua tak semudah membalikkan telapak tangan karena ada sejumlah tantangan yang menghadang.

”Sebagaimana kita tahu persoalan di Papua menyangkut dengan persoalan keamanannya. Sementara, setiap daerah maupun negara, kehidupan sosialnya dapat semakin membaik apabila perekonomiannya bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi itu sendiri ditopang dengan keamanan yang terjamin. Sehingga, masyarakat dapat menjalankan aktifitas kehidupan sosialnya secara leluasa,” ungkapnya.

Di sisi lain, sambung Mardiono, masyarakat Papua belum bisa leluasa menjalankan kehidupan sosialnya. ”Hal itu karena infrastruktur yang belum memadai, investasi yang ada belum seimbang dibanding luas wilayah dan jumlah penduduk. Tantangan lain adalah bagaimana mendorong masyarakat setempat dapat berproduksi di luar kepentingan dirinya sendiri, hal ini tentu diperlukan kreativitas untuk mengembangkan produk-produk lokal. Tak kalah penting, bagaimana masyarakat di sana harus mendapat supply makanan yang sehat,” papar pria yang saat ini menjabat Ketua Umum PPP tersebut.

Kendati banyak dihantam sejumlah tantangan, Mardiono menegaskan, pemerintah tidak akan berdiam diri dan akan melakukan sejumlah langkah untuk menuntaskan permasalahan yang ada di Papua. Sehingga, diharapkan pengentasan kemiskinan dan kedaulatan pangan bisa terwujud di provinsi yang mendapat julukan Mutiara Hitam dari Timur tersebut.