5 Jenama Lokal Ramah Lingkungan

Oleh: Giatri (Editor) - 13 October 2023

Mengikuti tren berbusana bukan berarti mengabaikan nilai kepedulian pada alam. Peran pecinta fesyen dalam membangun kesadaran akan mode yang lebih berkelanjutan sangat dibutuhkan di masa kini. Berikut beberapa jenama lokal yang sudah bawa inovasi desain ke dalam nilai keberlanjutan:

Merdi Sihombing

Sekembalinya dari show di New York Fashion Week pada September lalu dan menampilkan beberapa koleksinya yang terbuat dari material yang sustainable seperti TENCEL, salah satu desainer kebanggaan Indonesia ini mengungkapkan pada perhelatan inagurasi sertifikasi EU Label atas LENZING ECOVERO.

Ia mengungkapkan kebanggaannya atas mulai diproduksi di Purwakarta, Indonesia yang semakin memudahkan pelaku fesyen dan pecinta mode mendapatkan tesktil yang ramah lingkungan, berkualitas dan harga terjangkau. Ia berharap akan semakin meningkatnya tindakan nyata dalam membangun keberlanjutan di industri fesyen Tanah Air.

Shaykaaz

Sebagai salah satu jenama modest wear ternama yang mengusung tampilan elegan nan megah ke dalam setiap koleksi yang menggunakan bahan berkelanjutan. Sebagai jenama yang memiliki koleksi dengan pemakaian intensitas tinggi seperti mukena, Shaykaaz mengerti pentingnya pemilihan material seperti LENZING ECOVERO yang nyaman dan tahan untuk pemakaian dalam waktu lama.

EIGER

Sebagai merek yang sangat lekat dengan alam dan ragam kegiatan outdoor, komitmen kelestarian alam menjadi landasan dalam berinovasi. Salah satunya dengan produk biodegradable pada inisiatif EIGER Green. Serat pada produk ini dapat terurai kembali dalam waktu 12 pekan dan menjadi kompos. Penggunaan serat TENCEL ini dapat menjadi bukti konkrit dalam kontribusi mengatasi limbah fashion.

SARE/Studio

Loungewear dan pakaian dalam merupakan produk fesyen yang juga memiliki intensitas pemakaian yang tinggi. Di samping itu, pemilihan serat yang berkualitas dan nyaman tentunya akan penting untuk dipertimbangkan dalam mendukung kesehatan organ intim.

SARE/Studio merupakan jenama yang cukup aktif dalam kampanye keberlanjutan dalam setiap produk rilisannya. Serat eco responsibe viscose bersertifikat, LENZING ECOVERO yang kini sudah mulai diproduksi di Indonesia menjadi pilihan SARE/Studio untuk ragam koleksilounge wear-nya sejak lama serta serat TENCEL modal untuk koleksi pakaian dalamnya dan pakaian ready-to-wear

Calla The Label

Sejak berdiri di 2017 aspek ramah lingkungan selalu menjadi landasan dari setiap rancangan yang diciptakan. Bagaimana kreativitas permainan warna dan motif yang memukau mata selalu menjadi karakter koleksi Calla The Label.

Kolaborasi material TENCEL yang lembut, nyaman karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan aman bagi kulit sensitif juga menjadi andalan saat kolaborasi dengan nama besa,r seperti Marsha Timothy, Febby Rastanty, hingga Andien diluncurkan ke pasar.