TikTok Shop Ditutup, Penjualan FMCG di Platform E-commerce Meningkat

Oleh: Angie (Editor) - 08 October 2023

TikTok Shop resmi menutup layanan penjualannya pada 4 Oktober 2023, mengikuti Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 Tahun 2023 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Pasca penutupannya, Compas.co.id melakukan penelusuran untuk mengungkap data pasar FMCG di Indonesia periode 1 September - 1 Oktober 2023.

Menurut data dari Compas.co.id, nilai penjualan pada kategori FMCG di TikTok Shop mencapai angka Rp1,33 triliun di Indonesia. Kategori-kategori terbesar yang terdampak termasuk perawatan kecantikan, makanan minuman, ibu bayi, kesehatan, dan perlengkapan rumah. Penutupan TikTok Shop juga memengaruhi lebih dari 17.000 seller, 3900 brand FMCG, dan 118.000 produk listing di berbagai kategori tersebut.

Di samping itu, Compas.co.id juga memeriksa platform e-commerce lain seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli untuk data penjualan FMCG. Shopee mencatat nilai penjualan sebesar Rp3,1 triliun dengan jumlah transaksi mencapai 92,4 juta, Tokopedia meraih nilai penjualan sebesar Rp622,3 miliar dengan jumlah transaksi 10,5 juta, dan Blibli mencatat nilai penjualan sebesar Rp84,8 miliar dengan jumlah transaksi 1,7 juta. Khususnya, kategori perawatan kecantikan menonjol dengan nilai penjualan sebesar Rp1,9 triliun di Shopee.

CEO & Co-Founder Compas.co.id, Hanindia Narendrata Rahiesa, menyatakan bahwa ribuan bisnis dan brand FMCG terdampak oleh penutupan TikTok Shop. Namun, dia juga melihat peluang yang baik di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Dengan data dan solusi yang tepat, perpindahan ke platform e-commerce ini bisa menjadi solusi aktif dan kompetitif bagi pelaku bisnis FMCG.

Perpindahan ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk seller di TikTok Shop agar memindahkan lapak mereka ke platform e-commerce. Compas.co.id berkomitmen untuk mendukung FMCG brands dengan menyediakan alat analisis data e-commerce market insight secara real-time untuk membantu mereka mengoptimalkan strategi bisnis di e-commerce.