Tips Mendapatkan Tidur Siang Berkualitas

Oleh: Giatri (Editor) - 05 October 2023

Tidur siang adalah aktivitas pendek yang memberikan banyak manfaat, di antaranya menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati sampai membuat  lebih produktif.

Tidur siang perlu dilakukan dengan tepat untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. Berikut beberapa tips dari dr. Andreas Prasadja, RPSGT,  spesialis kesehatan tidur alias somnologis.

  • Tidur siang di antara pukul 1 sampai 2 sore agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur malam dan tidak terlalu dekat dengan jam makan siang.
  • Durasi tidur siang paling baik sekitar 15 – 20 menit. Hindari tidur siang berlebihan karena dapat menyebabkan insomnia pada malam hari. Konteksnya tidur siang untuk meningkatkan produktivitas, power nap. Setiap malamnya sudah cukup, bukan bayar utang tidur.
  • Ciptakan suasana yang nyaman, tenang, dan lampu dimatikan atau gunakan penutup mata bila perlu agar tidur siang tidak terganggu oleh cahaya lampu atau sinar matahari. Ruangan pun harus sejuk.
  • Setelah bangun tidur, Anda harus memberikan jeda sejenak sebelum akhirnya beraktivitas. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tidur siang berkualitas dan rasa pening serta tidak fokus bisa dihindari.