Ungkap Makna dari Motif Batik yang dikenakan Jokowi di Acara “Istana Berbatik”

Oleh: Angie (Editor) - 03 October 2023

Jokowi mengenakan batik Parang Barong (Dok. Biro Pers)

 

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, sebuah acara bertajuk “Istana Batik” digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di halaman Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (1/10/2023) malam.

Acara “Istana Batik” dihadiri oleh para artis hingga pejabat penting, seperti Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo alias Jokowi dan sang istri Iriana Jokowi. Sesuai dengan tema acara, keduanya turut mengenakan batik dengan motif-motif yang indah.

Pada kesempatan kali ini, sang presiden terlihat mengenakan kemeja batik coklat dengan dua jenis motif yang berbeda, yakni parang barong dan udan liris. Bukan sembarang batik, kedua motif pada kemeja yang dipakai Jokowi tersebut, ternyata memiliki makna atau arti yang mendalam.

 

Makna Motif Batik Parang Barong

Motif parang barong diciptakan oleh sultan ketiga dari Kerajaan Mataram, yaitu Sultan Agung Hanyakrakusuma. Ciri khas utama motif batik ini terletak pada bentuk huruf “S” yang lebih besar dari motif parang lainnya.

Dalam sejumlah literatur menjelaskan, motif batik parang pada awalnya hanya boleh dikenakan oleh seorang raja. Sementara motif parang barong adalah parang terbesar dan dianggap paling agung. Tak hanya itu, makna lain dari motif parang barong adalah seorang raja yang berhati-hati dalam bertindak, serta mampu mengendalikan diri dan berlaku bijaksana.

 

Acara Istana Berbatik yang dihadiri Presiden Jokowi (Dok. Setneg)

 

Makna Motif Batik Udan Liris

Diambil dari Bahasa Jawa, motif batik udan liris atau hujan gerimis memiliki makna dapat menyejukan hati orang yang memakainya, seperti layaknya hujan gerimis di tengah kondisi kekeringan.

Hampir sama seperti motif parang, awalnya motif batik udan liris biasanya hanya digunakan oleh keluarga kerajaan atau keraton.

Sementara itu, acara “Istana Berbatik” sendiri digelar dengan meriah untuk mengapresiasi batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang kiprahnya telah diakui oleh dunia. Hal yang sama turut disampaikan oleh Jokowi, dalam sambutannya malam itu.

“Batik adalah wajah kita, budaya kita. Dan sebagai sebuah karya seni yang luar biasa di situ ada simbolisme, di situ ada filosofi di setiap motif yang ada. Inilah kebudayaan Indonesia,” kata Jokowi.

Arfi