Resmi Beroperasi, Naik Kereta Cepat Whoosh Masih Gratis sampai Pertengahan Oktober

Oleh: Angie (Editor) - 03 October 2023

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo akhirnya telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Whoosh pada Senin (2/10/2023). Bersamaan dengan acara peresmian tersebut, kereta yang diklaim tercepat se-Asia Tenggara itu pun akan digratiskan hingga pertengahan Oktober 2023.

Ket. foto: Presiden meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) (Dok. Instagram @jokowi)

 

Hal ini dilakukan karena besarnya minat dan rasa penasaran masyarakat. Selama tiga minggu masa uji coba Whoosh sebelumnya, ternyata belum bisa membendung keinginan masyarakat untuk bisa turut merasakan perjalanan Jakarta-Bandung hanya dengan waktu kurang dari 1 jam.

“Kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, Bapak Presiden, pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat mendampingi Presiden Jokowi Meresmikan Whoosh di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur.

Cara daftar dan link Kereta Cepat Whoosh gratis

Menanggapi kabar ini, Emir Monti selaku Manager Corporate Communication Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), menyampaikan sejumlah persyaratan untuk bisa mencoba Whoosh secara gratis. Masyarakat yang berminat sebelumnya harus mendaftar di situs resmi KCIC, yaitu kcic.co.id untuk nantinya bisa memesan tiket keberangkatan.

"Tiketnya nanti bisa dicek di situs kcic.co.id sehingga masyarakat bisa langsung memesan mana rute dan jadwal yang diinginkan dan yang masih tersedia," ungkap Emir.

Dok Instagram @keretacepat_id

 

Ia menambahkan, jika nantinya Kereta Cepat Whoosh yang digratiskan terdiri dari delapan jadwal perjalanan. Meliputi empat perjalanan dari Stasiun Halim dan empat lainnya dari Stasiun Tegalluar.

Selain masyarakat umum, sebelumnya uji coba Kereta Cepat Whoosh pun sempat diikuti oleh para pejabat dan artis-artis ibukota, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Raffi Ahmad, Gading Marten, dan masih banyak lagi.

Pada video-video yang diunggah di sosial media, terlihat peserta uji coba kereta cepat yang merasa takjub dan kagum lantaran bisa ikut melaju dalam kereta berkecepatan 180 Km per jam tersebut.

(Arfi)