Peringati Hari Jantung Sedunia, PERKI dan Yayasan Jantung Indonesia Gelar Beragam Acara

Oleh: Angie (Editor) - 26 September 2023

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2023, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menggelar kegiatan yang yang menarik seperti tahun sebelumnya. Acara tersebut adalah "Indonesia Heart Walk 2023," sebuah acara jalan sehat yang berlangsung pada Kamis, 28 September 2023, di Jakarta.

Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, menjadi saksi dari acara jalan sehat yang mengusung konsep fun walk ini. Para peserta berjalan sejauh 7 kilometer, mengelilingi stadion utama GBK. Uniknya, rute fun walk ini akan membentuk simbol hati yang melambangkan pentingnya kesehatan jantung.

Mela Sabina, Ketua Penyelenggara Heart Walk dan Ketua Bidang Komunikasi dan Promotif YJI mengungkapkan alasan memilih jalan kaki sebagai agenda utama karena aktivitas fisik yang satu ini bisa menjadi cara paling simpel dalam menjaga kesehatan jantung.

 Tidak hanya di Jakarta, kegiatan jalan sehat ini juga akan diadakan di 8 kota besar lainnya, seperti Pontianak, Bandung, Medan, Malang, Mataram, Palembang, dan Makassar. Ini adalah langkah konkret dari YJI dan PERKI dalam upaya edukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jantung melalui olahraga.

Dalam rangkaian acara ini, diadakan pula pemecahan Rekor Muri untuk kegiatan pemeriksaan mandiri menilai denyut nadi diri sendiri (Menari) dengan peserta terbanyak yang dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia, juga sosialisasi kegiatan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

YJI dan PERKI berharap bahwa peringatan Hari Jantung Sedunia ini akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya pencegahan dan deteksi dini penyakit jantung, sehingga dapat mengurangi risiko kematian mendadak akibat masalah jantung.

Angie | Dok. YJI