IdeaFest 2023 Resmi Dibuka, Waktunya Indonesia Pimpin Industri Kreatif Dunia

Oleh: Syulianita (Editor) - 29 September 2023

Festival industri kreatif IdeaFest kembali digelar. Mengusung tema ‘Lead the Leap’, IdeaFest 2023 berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Menyambut 12 tahun gelarannya, IdeaFest 2023 digelar sejak Jumat (29/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023). Ben Soebiakto, co-founder IdeaFest mengatakan bahwa pegelaran tahun ini ingin memberi kesan positif untuk pengunjung. Terutama yang tengah mencari ide kreativitas baru.

“Kita melihat industri kreatif banyak berkembang. Dari film, musik, desain. Kita melihat banyaknya platform teknologi yang membantu UMKM juga. Kalau di tahun 2011, kita tak mengerti apa itu TikTok, Instagram, dan lain-lain. Tiga tahun terakhir dengan datangnya era teknologi, membuat banyaknya kreator men-showcase film Indonesia ke kancah dunia. Ini waktunya lompat dan memimpin,” ungkap Ben saat konferensi pers.

Ia menyebut dengan banyaknya musisi yang sudah dikenal di dunia internasional hingga film yang telah ditonton oleh warga dunia, itu sangat membanggakan.

Inilah yang membuat para pelaku industri kreatif di Indonesia tidak bisa bermain dalam persaingan lokal. Ia pun berharap adanya IdeaFest bisa memperlihatkan talent dan creator baru hingga menambah warna dalam industri kreatif di Indonesia.

“Ke depan akan menemukan jalan baru, teknologi akan selalu evolve. Saatnya melompat dan memimpin lompatan itu. Kita tak boleh follow product,” tambahnya.

David Irianto, Creative Director IdeaFest, mengatakan, tema Lead the Leap dipilih sebagai penuntun masyarakat yang sedang mencari rutinitas baru setelah pandemi.

"Masyarakat perlu gebrakan baru untuk membuat perubahan dan IdeaFest memberikan semangat perjuangan memimpin dan keberanian jadi pemimpin dan melompat ke hal baru," kata David Irianto.

Dalam kesempatan yang sama, konten kreator Nadya Alaydrus juga membeberkan arti tema Lead the Leap.

“Arti Lead the Leap, kita sebagai anak muda harus berani mengambil langkah. Jangan cuma menjadi followers, harus menjadi trendsetter dan menjadi lomptan untuk orang orang. Meng-influence sesuatu yang positif lah,” ujar Nadia.

Digelar selama tiga hari, IdeaFest 2023 menghadirkan lebih dari 280 pembicara dengan lebih dari 120 sesi.

IdeaFest 2023 juga diramaikan kehadiran bakal calon presiden hingga tokoh pemerintahan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pak Luhut bisa menjadi inspirasi anak-anak muda," ucap David Irianto.

Selain itu, IdeaFest 2023 juga menghadirkan aktor Arifin Putra hingga aktris Prilly Latuconsina dan Sherina Munaf. (Agnes)