ISEF 2023: Perkuat Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

Oleh: Angie (Editor) - 27 September 2023

Digelar Oktober, ISEF 2023 Pererat Kolaborasi Ekosistem Halal Menuju Indonesia World Halal Center 2024

Perhelatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) tahun ini akan kembali diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 25 - 29 Oktober 2023.

Memiliki misi memperkuat ekonomi syariah Indonesia dengan tema "Accelerating Sharia Economy and Finance Through Digitalization For Inclusive and Sustainable Growth", acara ini akan menampilkan 793 eksibitor dari Indonesia dan 20 negara sahabat dalam area seluas 10.000 m2, serta berbagai rangkaian seminar dan gelaran lainnya.

Kolaborasinya dengan Halal Expo Indonesia (HEI) menjadikan ISEI pameran bisnis dan konsumen terbesar di Indonesia, memastikan posisi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Hal ini dilatarbelakangi capaian positif Indonesia dalam ekonomi syariah, termasuk peringkat keempat dalam ekonomi syariah terbesar dan posisi ketiga dalam Islamic Finance Development Indicator, meneguhkan posisi Indonesia di panggung ekonomi syariah global. Dengan fokus pada pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah, ISEF 2023 menandai langkah-langkah menuju visi Indonesia sebagai Indonesia World Halal Center 2024.

"Kolaborasi ISEF dengan HEI diharapkan dapat memperkuat sinergi antar pemerintah dan pelaku usaha dalam halal lifestyle dan perekonomian syariah," tutur Wahyu Purnama A., Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, di konferensi pers pada Selasa (26/9).

 

Pada tahun ini ISEF akan dibuat lebih istimewa dan meriah, bahkan diklaim dua kali lebih besar dari tahun sebelumnya. Dengan menempati area seluas 10.000 m2, yang dimeriahkan dengan 62 rangkaian agenda seminar, talkshow, dan berbagai event lain. Dalam rangka meningkatkan inklusivitas, ISEF 2023 menggelar ISEF Fun Walk, Tablig Akbar, rangkaian talkshow bersama pakar dan praktisi yang dapat diikuti masyarakat secara terbuka, serta berbagai event lain yang berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

Beberapa special events pun menjadi sorotan utama. Salah satu di antaranya adalah Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF), yang bertujuan untuk meningkatkan skala industri modest fashion Indonesia serta membuatnya menjadi referensi global dalam fashion modest. IN2MF melibatkan desainer internasional yang akan memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan industri mode muslim di Indonesia.

Tak hanya itu, ISEF 2023 juga menjadi tuan rumah International Halal Chef Competition (IN2HCC), yang merupakan event pertama di dunia dalam bidang kuliner halal. Kompetisi ini mengundang para chef berbakat dari berbagai negara untuk bersaing dalam menciptakan hidangan-hidangan lezat yang memenuhi standar kehalalan tertinggi. IN2HCC bukan hanya menjadi wadah unik bagi para koki berbakat, tetapi juga memperkuat citra Indonesia sebagai pusat kuliner halal dunia.

Selain dua special events tersebut, ISEF 2023 juga akan menampilkan sembilan event internasional lainnya, yang diselenggarakan bersama oleh International Federation of Shariah Boards (IFSB), Islamic Development Bank (IsDB), International Islamic Financial Market (IIFM), dan International Islamic Liquidity Management Corporation (IILM). Tujuan dari rangkaian event ini adalah untuk memperkuat positioning Indonesia sebagai hub internasional dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Dengan menghadirkan berbagai aspek ekonomi dan keuangan syariah, ISEF 2023 diharapkan dapat menjadi platform penting dalam mendorong pertumbuhan sektor ini di Indonesia.

CFO PT Halal Expo Indonesia, Aryo Wibisono mengapresiasi komitmen Bank Indonesia untuk dapat memfasilitasi para pelaku usaha dalam rangka mengekspor produknya ke sejumlah negara, seperti Timur Tengah, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

“Bagi pelaku usaha yang ingin bermitra dengan produsen dari luar, juga terbuka kesempatan. Karena di ajang HEI ini turut dihadirkan paviliun dari negara sahabat yang ingin ekspansi ke Indonesia dan membutuhkan mitra lokal,” ujar Aryo.

Dalam gelaran HEI di ISEF 2023, KPMI yang memiliki program Export Academy- ekosistem pengembangan SDM ekspor- bekerja sama dengan Nudira Learning Center, Aspenku.com, dan Hibbu Creative siap meningkatkan bisnis para pelaku UKM menuju pasar global.

ISEF 2023 diharapkan akan mengundang perhatian dunia internasional, mengukuhkan Indonesia sebagai pemimpin dalam industri modest fashion, kuliner halal, dan pengembangan ekonomi syariah. Acara ini menjadi wadah bagi kolaborasi antara berbagai pihak untuk menggali potensi besar Indonesia dalam berbagai sektor, demi menuju Indonesia World Halal Center 2024.

 

[Angie | Foto: Angie & Dok. ISEF]