Vredeburg Fair Dibuka Kolaborasi dengan 34 Museum dan Komunitas

Oleh: Angie (Editor) - 22 September 2023

Museum Benteng Vredeburg kembali mempersembahkan Vredeburg Fair yang ke-9 dengan tema "Satoe Tetap Bersatu." Acara ini resmi dibuka pada 20 September dan akan berlangsung hingga 23 November 2023. Vredeburg Fair 2023 hadir dengan semangat untuk memfasilitasi integrasi museum dengan partisipasi aktif masyarakat, menjadikan museum sebagai lembaga pendidikan inklusif yang terbuka bagi semua orang. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan industri kreatif masyarakat dan selalu melibatkan komunitas dalam pengembangan museum.

Sebagai bagian dari Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB), Museum Benteng Vredeburg berkomitmen untuk menghadirkan program-program inovatif yang mendukung pengembangan permuseuman sebagai sarana edukasi dan rekreasi yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Koordinator Komunikasi, Kemitraan, Program, dan Pengembangan Bisnis MCB, Titik Umi Kurniawatimengungkapkan, “Vredeburg Fair ke-9 ini merupakan salah satu program unggulan pertama yang dilaksanakan sejak MCB diresmikan. Dengan adanya transformasi kelembagaan ini, MCB selalu mendukung perkembangan dan keberlanjutan program-program inovatif dari unit, seperti Vredeburg Fair. Harapan kami, minat masyarakat dan komunitas dalam mengunjungi serta berkolaborasi dan berpartisipasi aktif dengan permuseuman nasional semakin tinggi." 

Senada dengan tema besar Vredeburg Fair 2023, Pameran Temporer Museum ‘SATOE’ mengangkat kisah perjuangan selama Periode Revolusi di Yogyakarta. Tema ‘SATOE’ diambil sebagai penjabaran bahwa perjuangan yang dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat, merupakan bentuk gerakan masing-masing kelompok yang memiliki satu tujuan yaitu Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Selain itu, Vredeburg Fair 2023 juga menghadirkan program acara GoweSejarah ‘Satu Kayuh, Bersatu, Melaju untuk Museum’ yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2023. GoweSejarah akan diikuti oleh 150 peserta, dengan perjalanan yang dimulai dari Museum Perjuangan dan selesai di Museum Benteng Vredeburg. Jarak tempuh yang akan dilalui para pesepeda sejauh 15 km dengan agenda kunjungan ke 3 museum, yakni Monumen Perjuangan TNI AU, Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Soedirman, dan Museum Sandi.

Gelar Karya Komunitas bertajuk ‘Ragam Komunitas, Satu Nafas’ diharapkan menjadi daya tarik bagi pengunjung dengan minat yang sama dengan komunitas partisipan. Kegiatan berlangsung pada 20 hingga 24 September 2023 pukul 08.00-21.00. Gelar Karya Museum ini diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari museum mitra seperti Museum Sangiran; Museum Song Terus dan Museum Penerangan TMII, Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia, sekolah, komunitas seni, sosial, dan crafting serta kuliner. Vredeburg Fair juga dimeriahkan dengan panggung kesenian ‘Swara Senja’ yang memberikan kesempatan kepada komunitas dan masyarakat untuk menampilkan karyanya kepada masyarakat dan konser musik “Soegi Bornean”.

“Selama 2 bulan Vredeburg Fair berlangsung, layanan museum akan hadir bahwa layanan museum dan kegiatan akan dibuka hingga malam hari. Hal ini merupakan respon kami dari banyaknya permintaan masyarakat dan komunitas agar waktu dan ruang dihadirkan lebih panjang. Tahun ini, Vredeburg Fair menargetkan capaian kunjungan sejumlah 51.000 pengunjung," harap Ketua Panitia Vredeburg Fair 2023, Muri Kurniawati.