Brightspot Market 2023 Ajak Brand Lokal Siap Hadapi Masa Depan Industri Kreatif Berkelanjutan

Oleh: Giatri (Editor) - 13 September 2023

PT Bank Central Asia (BCA) bersama Brightspot mengajak brand lokal untuk bersiap menuju masa depan industri kreatif berkelanjutan dalam gelaran BCA Goodlife X Brightspot Market 2023.

Kegiatan urban lifestyle pop up market tersebut disesuaikan dengan tren dan minat masyarakat yang berkembang saat ini. Selain mendukung pelaku industri kreatif, kegiatan ini diharapkan juga dapat turut meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Founder dari LTD  & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM Leonard Theosabrata mengungkapkan, kemampuan inovasi teknologi untuk mengolah data dengan cepat dan mengambil keputusan otomatis memunculkan kekhawatiran tentang dampaknya pada pekerjaan dan peran manusia di berbagai sektor.

“Oleh karena itu, penting bagi UMKM dan Industri Kreatif lokal untuk mengadopsi pendekatan yang bijaksana dalam pengembangan inovasi teknologi. Hal ini bertujuan untuk memastikan inovasi teknologi menjadi alat pendukung bagi ekonomi kreatif dan membantu manusia dalam beradaptasi dengan perubahan ini, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif,” terangnya.

BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 mengusung tema “The Future is Human”, mengajak seluruh audience untuk memaknai jalinan koneksi antara manusia, alam dan teknologi. Dengan membawa pesan pemanfaatan kecerdasan teknologi yang tepat justru dapat memberikan ruang bagi manusia untuk berkreasi dan mendapatkan inspirasi tanpa batas. 

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijayamenuturkan, BCA sangat senang dapat kembali bekerja sama dengan Brightspot Market untuk menghadirkan acara yang mengangkat tren urban lifestyle.

“Tren tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh brand internasional, tapi juga banyak dipengaruhi oleh brand lokal yang terus bermunculan dan berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia. Selaras dengan misi BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG), BCA berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan industri kreatif yang berkelanjutan. Komitmen ini juga sejalan dengan Brightspot Market yang telah secara konsisten menjadi wadah untuk berbagai industri kreatif sejak 2009,” ia menambahkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Brightspot Market menjadi panggung bagi para insan kreatif untuk menampilkan karyanya. Tema “The Future is Human” menghadirkan platform bagi brand lokal berkolaborasi dan beradaptasi dengan kecerdasan buatan. Mengajak semua stakeholder untuk memastikan bahwa manusia tetap menjadi fokus utama dalam setiap esensi dan strategi bisnis, sambil memanfaatkan inovasi teknologi secara bijaksana untuk menciptakan nilai tambah bagi pengalaman konsumen.

Perubahan akan selalu berdampak pada segala aspek, termasuk pada alam. BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 mengangkat konsep acara Solarpunk, sebuah gerakan menuju sustainable future yang mendukung kolaborasi antar manusia, alam, dan teknologi. Membentuk lingkungan yang lebih lestari di masa depan, memungkinkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan alam dan teknologi, dan turut mendukung fungsi masing-masing.

“Setelah jenuh dengan hidup yang serba daring belakangan ini, acara ini mengingatkan industri kreatif untuk kembali merasakan setiap moment dalam kehidupan, serta menghidupkan kembali interaksi tatap muka yang terlupakan,” ujar Founder Brightspot Market dan Future 10 saat mengutarakan esensi dari gelaran Brightspot Market Anton Wirjono.

Pergeseran strategi dari online ke offline dan atau hybrid, sambungnya, menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku industri kreatif. “Dalam tema kali ini, mengajak brand lokal untuk kembali mengintegrasikan strategi daring dan luring guna menjangkau lebih banyak audience,” imbuhnya.

Menghadirkan brand lokal dari beragam kota dari seluruh Indonesia, Brightspot Market tahun ini mengajak brand lokal Indonesia menjadi lebih unggul dalam persaingan pasar. “Agar brand lokal lebih tanggap terhadap perubahan teknologi, serta membentuk pandangan yang lebih tepat mengenai konsep “lokal”, menghilangkan stigma bahwa brand lokal lekat dengan murah atau selalu dikaitkan dengan tradisional,” tegas Anton.

Dalam 14 tahun perjalanan, Brightspot Market mencatat pencapaian baru dengan lebih dari 800 brand lokal mendaftar, bahkan banyak dari brand lokal ini berasal dari luar pulau Jawa.  Angka ini mencerminkan peningkatan antusiasme dari para pelaku brand lokal setiap tahunnya menyebar ke seluruh penjuru negeri, serta dorongan kuat untuk terus berinovasi dan tumbuh.

Digelar di Plaza Senayan, Jakarta, selama dua pekan yang berbeda, yakni pada periode 27 September hingga 1 Oktober 2023 dan kemudian dilanjutkan pada 6 hingga 8 Oktober 2023. Dengan jadwal ganda ini, memberikan kesempatan lebih besar bagi pengunjung dan pelaku industri untuk terlibat dalam perayaan yang meriah, serta memperluas koneksi dan peluang bisnis selama dua pekan penuh.

Promo Seru!

Selain memberikan kemudahan bertransaksi, selama BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 berlangsung, BCA juga menawarkan berbagai promo menarik, antara lain voucher belanja senilai Rp100 ribu untuk minimum transaksi Rp300 ribu,  khusus untuk transaksi menggunakan myBCA.

Sementara, bagi yang bertransaksi menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA dan QRIS di myBCA, BCA Mobile, dan Sakuku akan mendapat voucher belanja Rp200 ribu untuk minimum transaksi Rp800 ribu.

Tak hanya itu, Double Value penukaran voucher belanja menggunakan Reward BCA minimum Rp50 ribu mendapatkan voucher belanja hingga Rp600 ribu. Menariknya lagi, cicilan 0 persen hingga 12 bulan untuk minimum transaksi Rp500 ribu.