Kolaborasi Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN Dukung Akselerasi Digitalisasi UMKM

Oleh: Angie (Editor) - 08 September 2023

Bisa Tumbuh, sebagai Brand Aggregator di Indonesia, yang berfokus pada pemberdayaan UMKM mengumumkan kolaborasinya dengan Rumah BUMN melalui rangkaian kegiatan bertema “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh”. Kolaborasi ini merupakan komitmen inovatif Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN demi memajukan UMKM Indonesia serta mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Beberapa fokus kolaborasi tersebut pemanfaatan teknologi untuk menaikkan level bisnis UMKM, peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran, dan kemudahan akses permodalan.

Kegiatan “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” turut dibuka dan dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang menyampaikan, “Sebagai Agent of Development, Kementerian BUMN berkomitmen mendukung pemerintah dan mendorong pemerataan ekonomi Indonesia, serta kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program dan inisiatif, diantaranya yang fokus pada bidang UMKM. Oleh karena itu, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bisa Tumbuh diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap para pelaku UMKM dan masyarakat luas.”   

Chiko Maradona CEO Bisa Tumbuh, menyampaikan, "Bisa Tumbuh sebagai brand agregator turut andil untuk mempercepat peningkatan bisnis dengan pemanfaatan teknologi terbaru. Kami memberikan akses pendanaan dengan mudah, pemberian layanan terintegrasi, hingga dukungan operasional, untuk membawa solusi inovatif pada UMKM Indonesia dan demi kemajuan negeri ini."

Ia menyatakan Bisa Tumbuh berupaya menghadirkan solusi yang inovatif, melalui pemanfaatan Machine Learning & Generative AI demi menciptakan solusi yang dipersonalisasi demi memaksimalkan potensi setiap UMKM.

"Bidang sektor yang ditangani adalah handcraft, beauty, dan retail. Kami memberikan bantuan untuk branding dan marketing," ujar Arief Muhammad, Komisaris Bisa Tumbuh dalam acara konferensi pers. 

Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN, menyatakan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia dan dapat membantu meningkatkan kemakmuran negara. "Rumah BUMN adalah inisiatif dari Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM dengan meningkatkan literasi dan pembinaan. Untuk mencapai tujuan ini, kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk sektor swasta, sangat diperlukan. Oleh karena itu, mereka menyambut baik kolaborasi dengan Bisa Tumbuh, yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Rumah BUMN dalam memajukan UMKM melalui teknologi dan ekosistem digital," paparnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mengapresiasi kolaborasi antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN yang digelar di Gedung Galeri UMKM Tangerang Selatan ini. 

Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengungkapkan fokus pada pengembangan bisnis UMKM dalam era digitalisasi. Mereka berupaya untuk meningkatkan usaha kecil menengah agar dapat berkembang menjadi lebih besar. Tujuannya adalah memberikan kontribusi positif bagi kota tersebut. Wakil Walikota berharap UMKM, baik yang bergerak dalam produksi maupun jasa, dapat mencapai pasar yang lebih luas melalui penerapan teknologi dan kecerdasan buatan (AI).

"Gedung Koperasi dan UMKM ini kami dedikasikan khusus bagi warga kota Tangsel untuk pengembangan diri dan usaha. Dengan berbagai program dan pendampingan yang tersedia, semoga sektor ekonomi kreatif dapat optimal terwadahi. Lokasi Tangsel yang berdekatan dengan DKI Jakarta juga menjadi keuntungan, memungkinkan UMKM untuk mengamati dan belajar dari pengusaha besar yang beroperasi di sekitarnya. Diharapkanr rumah BUMN dapat hadir di Tangsel seperti di beberapa kabupaten lain di Indonesia. Ini semua menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan mendukung UMKM di Tangsel," katanya. Angie