Amartha Luncurkan STEAM Fellowship 2023, Beasiswa dan Mentoring

Oleh: Angie (Editor) - 07 September 2023

PT. Amartha Mikro Fintek meresmikan STEAM Fellowship 2023 dalam Penganugerahan Beasiswa Amartha Cendekia dan Peluncuran Amartha STEAM Fellowship. Beasiswa ini akan difokuskan untuk pendampingan mahasiswi S1 yang menekuni bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics).

Program ini bertujuan memberikan dana pendidikan dan dukungan pengembangan diri selama satu tahun kepada mahasiswa perempuan yang sedang mengejar gelar Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D4) di tingkat semester empat atau lebih tinggi, dengan fokus pada bidang studi Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics (STEAM).

Amartha STEAM Fellowship menjadi langkah penting dalam upaya Amartha untuk mendukung potensi perempuan dalam dunia STEAM, menciptakan peluang pendidikan yang lebih baik, dan mendorong kesetaraan gender di sektor ini. Dengan komitmen pada inklusi keuangan dan pendidikan, Amartha Foundation berharap program ini akan memberikan dorongan signifikan bagi perkembangan karier dan kemajuan akademik para mahasiswa perempuan yang berbakat di bidang STEAM.

Menggandeng beberapa Universitas ternama di Indonesia, termasuk ITB, IPB, UGM, dan UB, program ini ditujukan untuk mendukung kesetaraan perempuan dengan memberikan akses pendidikan yang berkualitas dan mempersiapkan perempuan agar siap menjadi pemimpin di bidang yang sesuai dengan cita-citanya. 

“Melalui program beasiswa ini, penerima beasiswa tidak hanya akan menerima bantuan dana pendidikan, tapi juga akan dibekali program kepemimpinan dan pembekalan diri yang kami yakini dapat menciptakan generasi muda yang lebih berintegritas, memiliki semangat untuk berkontribusi pada kemanusiaan, serta berinisiatif untuk menciptakan teknologi dan inovasi yang berkelanjutan," kata Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 6 September. 

"Salah satu elemen yang sangat kuat untuk keberlanjutan adalah pendidikan. Akses ke layanan keuangan saja tidaklah cukup. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah mahasiswa yang mendapat manfaat dari program ini. Alhamdulillah, tahun ini kami berhasil bekerja sama dengan universitas-universitas ternama untuk program S1. Kami percaya bahwa program ini adalah awal yang baik untuk membantu lebih banyak anak-anak Indonesia menggapai impian mereka di masa depan. Semoga program Beasiswa Amartha Cendekia dan Amartha STEAM Fellowship dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi dalam mendukung pendidikan berkualitas," jelas Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha.

Program Amartha STEAM Fellowship dijalankan sebagai pilot project di tahun 2023 dengan menargetkan 40 mahasiswi yang dilakukan pada semester baru di tahun mendatang. Mahasiswa yang tertarik memperoleh beasiswa dapat mendaftarkan diri dengan menyambangi Bagian Kemahasiswaan di kampus rekanan Amartha. Program Beasiswa ini akan diseleksi oleh pihak kampus berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Angie