Roojai Meredefinisi Pengalaman Asuransi Mobil Online di Indonesia

Oleh: Angie (Editor) - 10 August 2023

Roojai, sebuah perusahaan asuransi online dari Thailand, telah mengubah lanskap industri asuransi di Asia dengan mendigitalisasi layanan pelanggan dalam bertransaksi asuransi secara keseluruhan. Di Indonesia, Roojai memberikan kenyamanan dan kemudahan dengan tujuan untuk membuat asuransi lebih mudah, lebih terjangkau, dan dapat lebih diandalkan oleh pelanggan dalam mengelola kebijakan asuransi mobil mereka melalui platform yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2022 dengan bermitra bersama Sompo Indonesia, sebuah penyedia asuransi terkemuka, Roojai kini menawarkan dua produk asuransi online dan memperkenalkan asuransi mobil online dengan penawaran all-risk (komprehensif).

Kerja sama ini memungkinkan setiap pelanggan mudah membandingkan penawaran asuransi, menyesuaikan cakupan, dan membeli polis asuransi yang dapat dipilih secara online menggunakan metode pembayaran debit atau kredit. Selain itu, pelanggan dapat melakukan inspeksi mobil untuk mengaktifkan polis asuransi mereka dengan mudah melalui panggilan video (video call) dengan Roojai.

Melalui layanan baru ini, pelanggan dapat menyesuaikan polis asuransi all-risk (komprehensif) nya dengan opsi tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, Roojai menawarkan asuransi komprehensif yang memastikan pelanggan dapat terlindungi dari risiko yang lebih luas, memberikan ketenangan yang lebih berdampak saat di jalan, sementara layanan populer lainnya seperti total-loss-only (TLO) meliputi klaim kerusakan yang melebihi 75% dari nilai mobil atau pencurian.

Meskipun premi untuk cakupan komprehensif ini sedikit lebih tinggi, hal itu mencerminkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, menjadikannya investasi berharga bagi pemilik mobil yang mengutamakan keamanan kendaraan dan kesejahteraan keuangan setiap pelanggan.

Pada awal tahun ini, Roojai berhasil mengumpulkan tambahan pendanaan sebesar US$42 juta dalam pendanaan Seri B, yang sebagian besar dipimpin oleh HDI International, serta investor yang sudah ada sebelumnya. Sejalan dengan komitmen Roojai untuk menyediakan solusi asuransi online yang komprehensif, Roojai Thailand telah meraih lisensi penuh sebagai perusahaan asuransi melalui akuisisi FWD General Insurance. 

 

"Kami sangat antusias memasuki industri asuransi mobil online di Indonesia, memberikan pengalaman asuransi online yang semakin mudah kepada para pemilik mobil di Indonesia Kami percaya dalam memberikan asuransi yang mudah diakses, sederhana, dan terjangkau bagi pelanggan kami," kata Mathieu Guiraud, CEO Indonesia & Group Protection Officer, Roojai Indonesia.

Dengan Roojai, pelanggan di Indonesia memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan asuransi mereka, memastikan perlindungan disesuaikan dengan kebutuhan dengan harga terjangkau. Selain itu, pelanggan Roojai dapat membeli asuransi tanpa harus memberikan kontak pribadi seperti telepon atau email, sehingga mereka memiliki kebebasan memastikan privasi dan data mereka untuk tetap terlindungi.

Roojai Indonesia yang baru beroperasi tiga bulan ini berada di bawah pengawasan dan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengawasan regulasi ini memastikan bahwa Roojai menjaga standar kepatuhan, keamanan, dan profesionalisme, yang merupakan kunci dalam membangun kepercayaan pelanggan.

Selain menjamin kerugian akibat mobil kecelakaan, tabrakan, dan kehilangan, Roojai juga menawarkan perluasan manfaat yang lengkap, antara lain tanggung jawab hukum pihak ketiga jika terjadi peristiwa yang melibatkan pengendara lain, kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang, layanan darurat, jaminan kerugian akibat bencana alam, proteksi kerugian akibat huru-hara, hingga santunan uang transportasi jika perbaikan atas kerusakan kendaraan lebih dari 5 hari.

Santi Rivai, Head of Brand Marketing Roojai Indonesia menambahkan, dengan memproteksi kendaraan dengan asuransi dari Roojai, pengguna akan mendapatkan manfaat-manfaat, seperti akses ke 700 bengkel mobil rekanan, Roadside Assistance atau bantuan darurat yang tersedia 24/7, proteksi lebih cepat karena inspeksi mobil hanya melalui video call tanpa perlu buat janji dengan surveyor, kemudahan pembayaran premi asuransi dengan pilihan cicilan selama 6 bulan dengan kartu kredit atau kartu debit, hingga voucher menarik setelah membeli asuransi mobil, salah satunya bisa dipakai di Pertamina atau Tokopedia.

Tak hanya peluncuran asuransi mobil all-risk (komprehensif), Roojai juga mengumumkan kesempatan eksklusif bagi semua pemilik mobil untuk mengklaim voucher cuci mobil senilai Rp100,000 yang dapat dipakai di 58 lokasi Autoglaze. Program ini tersedia bagi mereka yang melakukan transaksi di situs web Roojai serta mencantumkan e-mail dan nomor telepon mereka selama bulan Agustus sampai Oktober 2023, atau selama persediaan masih ada.