Herry Triyatno (Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Asuransi Tri Pakarta)

Oleh: Syulianita (Editor) - 01 August 2023

Prestasi Gemilang PT Asuransi Tri Pakarta Tak Lepas dari Kinerja Cemerlang Sang Geolog

Naskah: Angie Diyya/Sahrudi Foto: Sutanto

Meski mengawali karir sebagai seorang geolog di industri pertambangan PT Freeport Indonesia, bukan berarti Herry Triyatno tidak mumpuni berkiprah di industri asuransi. Terbukti, meski belum genap dua tahun menjabat Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Asuransi Tri Pakarta, ia telah ikut memberi sentuhan performa cemerlang bagi perusahaan asuransi nasional terkemuka ini.

Alumni Geologi UGM Yogyakarta yang pertama kali bekerja di PT Freeport Indonesia ini kemudian pindah karir ke Industri Perminyakan, yakni Petromer Trend Corporation dan Oryx Energy Company. Menekuni bisnis keuangan sejak tahun 1995 di BNI, dua puluh tahun kemudian tepatnya tahun 2015 Herry ditunjuk Menteri BUMN  menjadi Direktur Komersiil di PTPN IX Semarang, salah satu Perusahaan Perkebunan Milik Negara. Di sinilah ia mulai intens menggeluti masalah keuangan, sampai kemudian Herry ditunjuk kembali ke Perusahaan Farmasi BUMN, yaitu PT Indofarma Tbk dengan posisi sebagai Direktur Keuangan, Human Capital dan Teknologi Informasi. “Baru kemudian di tahun 2021 saya bergabung dengan PT Asuransi Tri Pakarta sebagai Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi,” tutur pria yang berprinsip kerja penuh keterbukaan dan kejujuran. 

Dengan latar belakang seperti itulah ia tak menampik bahwa ia menjadi seorang generalis. “Hidup itu mengalir. Mungkin kalau dibilang saya seorang generalis, ya saya memang generalis. Karena memang saya selalu melakukan update terhadap ilmu yang berlatar belakang bermacam-macam. Kepemimpinan bukanlah soal posisi dan jabatan, melainkan tanggung jawab dan hasil. Modal paling utama bagi seorang pemimpin adalah kepercayaan. Amanah dan kepercayaan itu yang membuat saya berpindah-pindah dari seorang yang bertanggung jawab dalam bidang keuangan, marketing, human capital, hingga IT," ungkapnya.

Sebagai seorang yang bertanggung jawab di bidang keuangan dan IT, Herry mengaku memahami tugas berat yang diembannya. “Yakni bagaimana kita sebagai orang yang bekerja di bidang keuangan, dapat menciptakan visi mendukung sustainability dan profitability dari perusahaan. Sejauh ini kami menjaga bahwa bisnis harus berpijak pada keterbukaan dan kejujuran. Kami melakukan mitigasi risiko sesuai prinsip 3 Line of Defense agar tidak terjadi kerugian pada perusahaan di kemudian hari,” beber penyuka olahraga out door ini.

Karena itu, tak heran kalau sejak dilantik tahun 2021 hingga pertengahan tahun 2023 ini pencapaian Kinerja Keuangan sangat luar biasa. Misalnya, kalau dibandingkan  pada tahun 2020 itu profitability perusahaan asuransi ini baru sekitar Rp30 miliar,  kemudian melonjak  di tahun 2021 menjadi Rp61 miliar. Kemudian melejit lagi di tahun 2022 menjadi Rp84 miliar. Pada  semester 1 tahun 2003 ini saja, profitability sudah menyentuh angka Rp45 miliar. “Mudah-mudahan kami dapat mencapai profitability yang jauh lebih tinggi dari tahun lalu,” ia optimis.

 

Performa kinerja yang sangat baik itu membuat PT Asuransi Tri Pakarta  mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan perusahaan ini meraih penghargaan dari Majalah Infobank dalam ajang “24th Infobank Insurance Awards 2023” sebagai "The Best Performance General Insurance Company" dan "The Best Performance in 5 Consecutive Years General Insurance Company".

Perusahaan asuransi ini dinilai konsisten  menjaga performa perusahaan dengan Kinerja Sangat Bagus selama 5 tahun berturut-turut, dalam memberikan kenyamanan dan keamanan para nasabah, karyawan, dan stakeholder. Prestasi yang diraih PT Asuransi Tri Pakarta itu karena lembaga keuangan ini fokus dalam bekerja dan membangun team work yang baik. “Direksi tentunya tidak dapat bekerja sendiri. Tim kami adalah tim yang solid, selalu menjaga kebersamaan di PT Asuransi Tri Pakarta dan juga melakukan continuous improvement,” ungkap Herry yang dalam bekerja sangat memerhatikan kualitas komunikasi yang baik dengan segenap stakeholder.

Di samping itu, lanjutnya, dari sisi bisnis PT Asuransi Tri Pakarta terus lebih fokus pada segmen yang betul-betul  dikuasai. “Mudah-mudahan ke depan bisnis PT Asuransi Tri Pakarta tetap sustain dan pertumbuhannya dapat terjaga dengan baik,” harapnya.

Etos kerja yang luar biasa dilakukan segenap tim di PT Asuransi Tri Pakarta, dengan mengedepankan hasil. Namun demikian, efisiensi tetap dilakukan agar kinerja perusahaan terjaga. “Sejauh ini kami melakukan efisiensi yang diperlukan. Berprinsip pada “good cost”, sepanjang biaya yang dikeluarkan memberikan return lebih besar. Artinya kita tidak menafikan di dalam bisnis ada cost yang harus kita keluarkan. Kita tetap akan melakukan pengeluaran biaya-biaya tersebut dengan imbal hasil yang baik. Namun apabila biaya-biaya yang betul-betul tidak memberikan return,  selalu kita pangkas agar tidak membebani perusahaan. Alhamdulillah sejauh ini, cost yang dikeluarkan relatif efisien, yang berdampak kepada profitability yang optimal “ papar Herry. 

Sementara dalam memainkan perannya di bidang teknologi informasi, Herry selalu memastikan bahwa IT yang digunakan PT Asuransi Tri Pakarta harus selalu update dan tidak ketinggalan zaman.

“Kami mempunyai profesional-profesional ahli IT yang selalu catch up dengan perubahan. Selain itu, industri asuransi memang sangat spesifik, diperlukan investasi untuk memenuhi persyaratan dari regulator yang harus kami penuhi. Sekarang pun kami sudah melakukan investasi yang diperlukan agar dapat mengimplementasikan IFRS 17 sesuai standar dan tenggat waktu yang ditentukan," ia menjelaskan.

Sekarang ini, tutur Herry lagi, pihaknya  fokus untuk mengantisipasi terhadap hal-hal yang terkait dengan cyber security. “Ini betul-betul kami jaga agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan, yang membahayakan perusahaan. Sekarang ini kami lihat banyaknya malware yang dapat membobol data, kami melakukan mitigasi dengan berinvestasi melalui perbaikan sistem security,” ujarnya serius. Apa yang dilakukannya itu tak lepas dari harapan agar PT Asuransi Tri Pakarta dapat terus sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.