Pamanukan Culinary Feast Semarakkan AFF ke-26

Oleh: Syulianita (Editor) - 30 July 2023

Archipelago International mengadakan Archipelago Food Festival (AFF) yang ke-26 guna mendukung promosi kuliner nusantara yang kali ini hadir di favehotel Pamanukan. Acara pagelaran pesta makanan kali ini berlangsung pada Sabtu, 29 Juli 2023 di Lime Cafe & Resto favehotel Pamanukan. Acara AFF kali ini didukung dan dimeriahkan oleh 13 Executive Chef dari beberapa hotel brand yang dibawahi oleh Archipelago International di area Jakarta dan Jawa Barat.

Archipelago Food Festival di favehotel Pamanukan saat ini bertemakan “Pamanukan Culinary Feast” yang mana sebanyak 13 Executive Chef dari Archipelago International berkolaborasi dalam acara festival kuliner ini untuk menyajikan makanan yang lezat dari makanan nusantara hingga asia. Adapun para chef dipimpin oleh Chef Windoe selaku Corporate Executive Chef di Archipelago International, dan 12 chef yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Chef Risman selaku Corporate Pastry Chef dari Archipelago International, Chef Riswan dari favehotel Pamanukan, Chef Waryoto dari favehotel Pamanukan, Chef Hadhi dari Harper M.T. Haryono, Chef Sucipto dari Harper Purwakarta, Chef Sigit dari Harper Cikarang, Chef Febri dari ASTON Pasteur, Chef Guntur dari favehotel LTC Glodok, Chef Hasan dari favehotel Tasikmalaya, Chef Greta dari ASTON Bekasi, Chef Kuzaini dari ASTON Cirebon, dan Chef Raehanum dari Harper Purwakarta.

“Kami bangga menjadi penyelenggara acara Archipelago Food Festival dengan tema Pamanukan Culinary Feast di favehotel Pamanukan, karena acara ini merupakan acara kuliner besar yang melibatkan para chef handal dari Archipelago International. Dengan beragam menu dari nusantara, asia, hingga western tentu saja mengundang antusiasme para pengunjung di Pamanukan, Subang. Acara ini juga guna memperkenalkan sekaligus mempromosikan favehotel Pamanukan sebagai satu-satunya hotel berbintang di pamanukan dengan standard dari Archipelago International.” Ujar Bintang Adhipradipta selaku Hotel Manager favehotel Pamanukan.

Dengan diselenggarakannya Archipelago Food Festival - Pamanukan Culinary Feast di favehotel Pamanukan diharapkan dapat lebih membuat nama favehotel Pamanukan semakin dikenal oleh masyarakat. Selain itu acara ini juga diharapkan dapat mendukung wisata dan juga perkembangan industri kuliner di Pamanukan, Subang dan sekitarnya.

"Kami sangat senang dapat menyelenggarakan Archipelago Food Festival di berbagai wilayah Indonesia, dan mengadakannya di Pamanukan kali ini membuat kami semakin bersemangat! Tujuan utama kami adalah membagikan tradisi kuliner Indonesia yang luar biasa dan memperlihatkan kemampuan luar biasa dari tim hebat kami kepada seluruh tamu yang luar biasa di seluruh Indonesia” ujar Winston Hanes, Wakil Presiden Operasi di Archipelago International.

Pada acara Pamanukan Culinary Feast ini terdapat kurang lebih 60 menu makanan, dan 13 Jenis minuman yang tentu saja memiliki rasa yang lezat karena diolah langsung oleh para chef dari Archipelago International. Food Festival ke-25 ini menghadirkan berbagai menu makanan mulai dari lokal hingga internasional yaitu Japchae, Chicken Yakitori, Chicken Dynamite, Smoked Chicken Betutu, Mie Tasik Ayam Kampung, Sate Ayam Klatak, Smoked Beef Brisket Pizza, Korean Chicken Ginseng, Korean Baby Potato, Es Teler Cake, Raspberry Mousse, Temulawak, dan masih banyak yang lainnya. Selama acara Archipelago Food Festival - Pamanukan Culinary Feast berlangsung, para tamu ditemani oleh live band dan penampilan tari tradisional Jaipong yang merupakan tarian khas Jawa Barat.

“Setiap kota yang ada di Indonesia ini memiliki keunikannya masing-masing. Archipelago Food Festival hadir tidak hanya sebagai ajang untuk promosi kuliner tapi juga untuk memperkenalkan potensi yang ada di setiap daerahnya tersebut. Saat ini olahan ayam kampung sendiri sudah mulai berkurang di Pamanukan, maka dari itu di acara ini kami menghadirkan kembali berbagai olahan ayam kampung yang lezat, sehingga para tamu bisa mencicipi cita rasa lokal yang kami angkat” ucap Windoe, selaku Executive Chef Archipelago International. (Foto: Sutanto)