Tabula Rasa Lahir Dari Konflik Batin Sang Seniman

Oleh: Ali Akbar Usman (Administrator) - 24 May 2023

Mensobsession.com - ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Jakarta secara resmi menghadirkan fasilitas baru berupa ruang pameran seni khusus yang menjadi signature dari ARTOTEL brand, yaitu ARTSPACE pada hari Jumat, 19 Mei 2023 berlokasi di lobby floor ARTOTEL Suites Mangkuluhur – Jakarta. Hal ini ditandai dengan dibukanya pameran seni pertama dengan menggandeng seniman abstrak Indonesia, Dedy Sufriadi.

Dedy Sufriadi adalah seorang seniman yang sudah malang melintang di dunia seni kontemporer Indonesia selama dua dekade. Karya-karya Dedy memiliki ciri khas, yaitu pengolahan teks pada setiap lukisannya. Pria asal Palembang ini juga telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, termasuk yang berskala internasional, seperti Penghargaan Young Art Award di Taipei, Taiwan. Dedy merupakan salah seorang seniman yang menggeluti aliran abstrak dengan menggunakan media yang beragam, termasuk karya 3D.

 

Pada kesempatan pameran seni di ARTSPACE kali ini, Dedy mempersembahkan karya-karyanya dalam seri TABULA RASA. Melalui karya-karya seni yang terpampang di ruang ARTSPACE seluas 5,6 x 13 meter persegi ini, Dedy mampu menggambarkan keseimbangan intuisi bebasnya melalui keterampilan komposisi, pengalaman, dan pengetahuan yang diperolehnya.

Menariknya, lahirnya karya Dedi ini berawal dari titik jenuh dan pergulatan batin dirinya, yang kemudian membawanya menarik diri untuk sementara, dan melakukan isolasi selama tiga bulan di New Zealand. “Selama 15 tahun saya sekolah seni rupa, saya merasa ada titik jenuh, kenapa selalu berkarya dengan beban intelektual,” ungkap Dedy saat konferensi pers yang digelar di ARTSPACE, ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Jakarta.

Dedi menambahkan, meski dalam akademisi ia meraih gelar master seni rupa namun menurutnya kecerdasan seniman dan ilmuwan itu berbeda jauh, seniman menggunakan intuisi sementara ilmuwan menggunakan rasional.

 

“Dan ini menjadi konflik luar biasa buat saya. Tahun 2017, saya merasa jenuh luar biasa, konflik batin. Jadi saya pergi jauh ingin membuang ingatan kita tentang senirupa yang terlalu ideal. Dan tabula rasa ini merupakan selembar kertas putih, hasil isolasi saya selama tiga bulan di New Zealand. Saya kembali menjadi kertas putih, memulai lagi dari nol. Ibarat anak baru lahir yang tertarik dengan warna tanpa tendensi apapun, dan ketika saya memulai lagi itu rasanya sangat luar biasa. Di situ saya mendapat titik balik. Ketika pulang saya melukis lagi dan saya baru bisa berdamai,” Dedy menerangkan kisah perjalanannya.

Ada tujuh karya yang terpampang dan terpajang di ARTSPACE ini. Masing-masing karya memiliki cerita tersendiri, serta keindahan seni yang mampu membawa pengunjung untuk menjelajahi perwujudan keindahan dalam kesederhanaan.

Ketujuh karya tersebut berjudul Re – Reading, #3, Fragment, Human, Object, You Are Rock, dan Art Love and Kindness. Dari ketujuh karya tersebut, yang terbaru adalah Art Love and Kindness yang baru dibuat Dedy pada tahun 2023 ini. “Dan ini juga merupakan karya yang paling cepat pengerjaannya, selesai hanya dalam waktu tiga hari,” imbuhnya.

Tabula Rasa Solo Exhibition by Dedy Sufriadi ini, sekaligus menjadi pembuka ARTSPACE, ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Jakarta. “Ini yang terbaru dari ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Jakarta. Foyer lobi kami menjadi tempat yang istimewa. Saya berharap bisa menambah daya tarik tamu-tamu kita, dan siapa tahu nantinya akan ada kolektor-kolektor baru. Akhirnya kita punya artspace untuk para artist di indonesia memamerkan karyanya sekaligus menjadi transaksi ekonomi,” ujar Djulkarnain, General Manager ARTOTEL Suites Mangkuluhur – Jakarta dalam kata sambutannya.

Pria yang akrab disapa Pak Djul ini, berharap seluruh pelanggan setia ARTOTEL Suites Mangkuluhur Jakarta bisa menikmati dan merasakan langsung keindahan dari dalam bingkai kesederhanaan melalui karya seniman terbaik Dedy Sufriadi.

Djulkarnain menambahkan, selain sebagai bentuk komitmen, kehadiran ruang ARTSPACE, juga merupakan bentuk dukungan kepada para seniman di tanah air untuk bisa mengekspresikan karya-karya terbaiknya di ARTOTEL Suites Mangkuluhur - Jakarta.

Pameran seni di ARTSPACE ini akan berlangsung selama dua bulan ke depan hingga 31 Juli 2023. Untuk Informasi dan pembelian lukisan silahkan menghubungi (+6221) 5268833.