Tiket “The Legends 8” Ludes Terjual, Buktikan Tingginya Minat Publik pada Orkestra

Oleh: Angie (Editor) - 15 May 2023

Mensobsession.com - Antusiasme masyarakat terhadap konser musik orkestra di Indonesia kian meningkat. Hal ini terlihat dari kesuksesan penjualan tiket Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST). TRUST Orchestra mengumumkan pihaknya akan menggelar seri Konser ‘The Legends’ yang ke-8 pada tanggal 13-14 Mei 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Konser musik bertajuk “The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & DreamWorks” ini mencatat rekor penjualan tercepat di panggung Ciputra Artpreneur, dimana seluruh tiket habis terjual dalam hitungan jam sejak dibuka untuk umum. Antusiasme yang tinggi tersebut membuat pihak TRUST Orchestra yang di dukung oleh Ciputra Artpreneur dan disponsori oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini memutuskan menambah jumlah pertunjukkan.

“Awalnya kami hanya rencanakan konser di tanggal 13 Mei dengan estimasi 2.200 tiket terjual. Namun, ternyata tiket ludes kurang dari satu jam dan banyak sekali publik yang mengaku kehabisan tiket saat war. Akhirnya, kami memutuskan menambah satu hari lagi di tanggal 14 Mei dan lagi-lagi tiket sold out dengan cepat. Total penjualan yaitu 3.400 tiket untuk tiga sesi penampilan. Antusiasme mereka pula yang membuat kami semangat dan berlatih keras selama kurang lebih empat bulan,“ tutur Music Director & Conductor TRUST Dr. Nathania Karina.

Nathania mengaku sangat terharu dan senang bahwa gelaran konser “The Legends” selalu ramai penonton setiap tahunnya. Hal ini juga tidak lepas dari kreativitas TRUST Orchestra dalam mencari tren musik terkini yang bisa dibawakan dengan format orkestra. “Konser “The Legends” mempersembahkan movie soundtracks yang dengan tema berbeda setiap tahunnya. Kami bawakan musik-musik yang familiar bagi masyarakat umum agar semakin banyak orang bisa menikmati musik orkestra,” tambahnya.

TRUST Orchestra memiliki visi untuk meninggalkan 'legacy' kepada generasi muda untuk menjadikan musik orkestra sebagai alternatif entertainment yang inklusif. Pasalnya, orkestra klasik yang berasal dari Eropa seringkali dipandang kolosal, kuno, dan hanya untuk kalangan sosial tertentu. TRUST Orchestra ingin persepsi tersebut berubah, salah satunya dengan membawakan musik populer dan dimainkan oleh musisi-musisi berusia muda.

Patron dan sponsor untuk TRUST Orchestra, Trinity Optima Production (TOP) turut mendukung penyusunan repertoar TRUST yang bervariasi. “Tidak seperti konser orkestra lainnya, TRUST tidak ragu untuk memadukan unsur jazz, pop, rock, dan folk dalam simfoninya. Keunikan inilah yang membuat TRUST dikenal sebagai grup yang membawa musik segar dan inspiratif,” kata CEO Trinity Optima Production (TOP) Yonathan Nugroho.

Sebagai label rekaman yang tak henti berinovasi dalam mendukung pengembangan talent, Trinity Optima Production pun senantiasa mendorong pengembangan musisi TRUST. “Kami ingin terus mendampingi TRUST dalam membangun talenta yang berkarakter, serta membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mereka untuk mengeksplor karir di berbagai bidang melalui ekosistem bisnis kami yang beragam,” ucap Yonathan.

Digelar di salah satu teater berstandar internasional milik Ciputra Artpreneur, Product Manager Ciputra Artpreneur Adi Wijananda menuturkan, sejak pandemi melandai, mulai banyak pertunjukan seni digelar dengan tingkat penonton yang tinggi.

“Kami secara aktif mendorong para kreator dan seniman menggunakan Ciputra Artpreneur sebagai wadah dan rumah untuk berkembang. Didukung oleh tim stage profesional, kapasitas ruangan, sampai teknologi modern penunjang pertunjukkan menjadikan Ciputra Artpreneur mitra strategis bagi dunia seni pertunjukkan. Kami sangat antusias menantikan konser “The Legends 8” hari ini, dan memberikan kesan yang memorable bagi semua penonton, baik yang sudah familiar maupun yang baru pertama kali menghadiri konser orkestra,” tuturnya.