Boenjamin Setiawan, Dosen yang Membangun Kalbe Farma dari Garasi

Oleh: Syulianita (Editor) - 05 April 2023

Dunia farmasi Indonesia kehilangan salahsatu tokohnya, yakni pendiri Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan yang pada Selasa (4/4/2023) meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Medistra, Jakarta.

Boenjamin Setiawan yang menjadi Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk sejak 1991-2008 ini adalah sosok yang gigih dan tangguh dalam merintis karirnya di dunia farmakologi. Mengawali karirnya sebagai dosen pengajar bagian Farmakologi FKUI dan pernah dikirim ke University of California San Francisco Medical Center.

Dokter lulusan Universitas Indonesia pada 1958 inu memperoleh gelar Ph.D dari University of Californa San Francisco pada 1961. Enam tahun kemudian, Boenjamin mendirikan Kalbe Farma. Siapa sangka jika usaha farmasi itu awalnya dia rintis dari sepetak garasi di rumahnya.

Karena kegigihannya Kalbe Farma pun menjadi perusahaan yang terus  berkembang dari usaha sederhana di sebuah garasi menjadi perusahaan farmasi terdepan di Indonesia.

Didukung lebih dari 17.000 karyawan, Kalbe telah tumbuh menjadi penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia, dengan keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. 

Tak hanya di Indonesia,  Kalbe yang telah tumbuh dan bertransformasi menjadi penyedia solusi kesehatan terintegrasi melalui empat kelompok divisi usahanya itu kini melebarkan sayapnya di pasar internasional dengan hadir di negara-negara ASEAN, Nigeria, dan Afrika Selatan, dan menjadi perusahaan produk kesehatan nasional yang dapat bersaing di pasar ekspor. (Rud)