Megabuild dan Keramika Indonesia 2023 Siap Digelar di Senayan

Oleh: Angie (Editor) - 22 February 2023

Setelah sempat tertunda pandemi Covid-19, MEGABUILD dan Keramika Indonesia akan kembali diselenggarakan dengan memanfaatkan momentum pulihnya ekonomi domestik. Panorama Media bekerjasama dengan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) menggelar pameran Keramika Indonesia dari 23-26 Februari 2023.

“Pameran ini hadir untuk mempertemukan berbagai ekshibitor dari industri terkait dengan kalangan profesional serta pemangku kepentingan lainnya,” jelas Royanto Handaya, Presiden Direktur PT Pameran Masa Kini, pelaksana kedua pameran tersebut, ketika ditemui di acara Konferensi Pers MEGABUILD Indonesia dan Keramika Indonesia di Jakarta.

Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,31% di 2022, Handaya berharap bahwa industri yang terlibat di pameran ini dapat terus berkembang. “Harapan untuk industri konstruksi agar terus bertumbuh hingga 5,78%, didorong oleh segmen residential, industrial, dan infrastructure,” Handaya mengungkapkan. “Kalau industri konstruksi maju, industri lain juga akan ikut maju,” tambahnya.

Kedua pameran ini digadang-gadang akan menampung 35.000 pengunjung. Pengelola pameran juga menargetkan total transaksi yang melebihi angka yang tercatat sebelum Covid-19, karena banyaknya permintaan yang belum terealisasi akibat pandemi. Pembukaan pameran pada tanggal 23 Februari 2023 akan dihadiri perwakilan Kementerian Perindustrian.

Megabuild Indonesia edisi ke-20 dan juga Keramika Indonesia edisi ke-9 tahun ini akan diikuti lebih dari 400 merek dari 12 negara dan regional. Seperti Singapura, Malaysia, Korea, India, China, Vietnam, Italia, Jepang, Jerman, Taiwan, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Antusias para pemilik merek untuk bergabung pada edisi kali ini meningkat tajam sebelumnya. Hal ini dikarenakan kehausan untuk memamerkan produk, tren, teknologi, dan inovasi terbaru mereka.

“Kami menghadirkan ratusan produsen, merek, produk, dan juga inovasi yang dapat menjadi solusi atas perubahan gaya hidup masyarakan paska pandemi,“ ucap Royanto Handaya.

Pameran Megabuild Indonesia dan Keramika Indonesia 2023 juga didukung oleh berbagai asosiasi profesi seperti Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI), Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Green Product Council Indonesia (GPCI), Kontraktor Interior Desain Indonesia (KIDI), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dan lain sebagainya.

“Kedua pameran ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh segenap desainer interior. Dengan bertambah jumlah interior desainer di Indonesia setiap tahunnya, pameran ini terus menjadi sarana bagi para desainer baru maupun yang lama untuk mendapatkan referensi produk bahkan tren desain dari ratusan merek yang ada di dalam pameran ini,” jelas Rohadi HDII, Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Design (HDII) Nasional.