Beranda Café, Taste of Indonesia -All Day Dining-

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 December 2022

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

Kawasan Semanggi menjadi salah satu kawasan strategis di Jakarta. berdiri megah hotel bintang lima persis di samping Plaza Semanggi, ARTOTEL Suites Mangkuluhur – Jakarta. Di dalamnya terdapat beberapa Food & Beverage outlet yang bisa Anda nikmati. Salah satunya adalah Beranda Cafe yang menyediakan all day dining menu–menu nusantara yang menggugah selera.

Beranda Cafe beroperasi all day dining dari mulai buffet breakfast, pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB, begitu pun untuk sajian ala carte dining, disediakan mulai dari pagi, pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Sementara untuk pemesanan in room dining / room service Beranda Cafe beroperasi selama 24 jam.

Tersedia aneka hidangan lezat yang menggugah selera yang terdiri dari menu nusantara, western dan asia. Namun, disesuaikan dengan segmen market yang mayoritas adalah tamu lokal, baik tamu walk in maupun tamu-tamu dari corporate yang menggelar acara, Beranda Cafe lebih banyak menyajikan masakan khas Nusantara yang kaya akan rempah dengan rasa yang lezat.

Persis di depan Beranda Cafe ada Coffee Terrace, tempat untuk hang out sekadar menikmati kesegaran kopi berkualitas seperti Rich Choco, dan minuman lainnya seperti aneka juice, mocktail maupun cocktail, coba saja Pine Man atau Apple Boost sungguh terasa kesegarannya.

Selain itu, Beranda Cafe juga memiliki Private Dining Room untuk acara tertutup baik acara keluarga maupun meeting dengan kapasitas 12 hingga 15 orang. Persis bersebelahan dengan private room ada ruangan outdoor yang juga bisa digunakan untuk acara barbeque. Untuk Beranda Cafe sendiri, kapasitas keseluruhan sekitar 120 seating capacity.

Selama jam operasional, Beranda Cafe menyajikan menu buffet sepanjang hari, dimulai dari buffet breakfast/ makan pagi prasmanan mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00 pagi, kemudian masuk waktu buffet lunch yang dimulai pukul 12.00 hingga pukul 14.00 siang dan untuk buffet dinner mulai jam 19.00 hingga pukul 21.00 malam.

Food & Beverage Director ARTOTEL Suites Mangkuluhur – Jakarta, Devian, menerangkan menu-menu yang disajikan beragam, serta terdapat perbedaan menu antara breakfast, lunch dan dinner. “Untuk breakfast kami sajikan beberapa Stall seperti Egg Corner yang menyajikan Omelet, Sunny Side Up, Scramble Egg yang dimasak langsung fresh di depan tamu, ada juga Noodle Corner yang menyajikan Aneka Mie Rebus dengan berbagai toping dan sayuran, Mie Ayam, Mie Bakso, Kwetiau, dan lainnya. Berbagai macam Pastry, Bakery, Jajanan Pasar sampai Kopi, Teh, Juices dan Herbal Drink seperti Wedang Jahe, Wedang Ronde. Sementara kalau untuk lunch dan dinner, food stall kami sudah mulai yang berat, seperti ada soto Betawi, atau soto tangkar. Untuk dessertnya ada cake dan ice cream, jadi lebih ke yang manis. Jadi yang membedakan lebih ke menu menu food stallnya,” Devian menerangkan.

Selain menu buffet, Beranda Cafe juga tentunya menghadirkan menu – menu ala carte yang lengkap dan beragam, dengan komposisi 70% menu nusantara dan 30% menu western dan Asian. Adapun beberapa menu nusantara yang menjadi signature dishes adalah Soto Betawi dengan rasa yang begitu lezat dan segar, kaya akan rempah – rempah, Iga Bakar Mangkuluhur, Nasi goreng kambing yang disajikan dengan Lamb Chop dan telur dadar, Gulai Kepala Salmon. Dan yang terbaru akan ada Bebek Goreng dengan pilihan sambal ijo, sambal matah atau sambal merah. Untuk harga menu ala carte, berkisar mulai dari Rp70.000,++ hingga Rp300.000,++.

Untuk rotasi menu di Beranda Cafe dilakukan setiap 6 bulan. Namun, setiap bulannya ada promo Food & Beverage yang unik dan tidak ada di menu regular. “Misalnya nanti akan ada promo Salmon Lodeh, salmon western tapi menggunakan kuah lodeh. Ada lagi rendang wagyu, rendang tapi secara jenis dagingnya daging untuk steak. Nah ini yang akan kami olah, menu fusion, jadi antara tradisional dengan western disajikan dengan platingnya yang menarik, gaya western,” ujar Devian.

Selaras dengan hotel yang sedang melakukan renovasi secara bertahap, ke depan, Beranda Cafe pun sedang disiapkan untuk renovasi. Devian memaparkan, akan dilakukan renovasi pada Beranda Cafe, terutama pada Design Island Buffet dan Open Kitchen Live Cooking Concept, menjadi lebih modern tapi tanpa mengurangi elegan dan konsep Nusantaranya.

“Ke depannya di tahun 2023, kami akan lakukan renovasi interior island buffet kami yang lebih modern, pop art tanpa mengurangi kesan elegan dan konsep Nusantaranya. Kami juga akan buat konsep Open Kitchen & Live Cooking untuk beberapa Buffet Stall, yang pasti akan lebih menarik dan lebih mengundang selera untuk tamu yang datang menikmati hidangan All You Can Eat kami. Kami berupaya 2023 dapat terealisasi, kami juga sudah mempersiapkan program acara yang baru dan lebih menarik di tahun 2023 mendatang,” ujar Devian menggambarkan perkembangan terbaru di tahun 2023 mendatang.