Hendy Siswanto, Bupati Jember : HAM Adalah Jendela Dunia bagi Jember

Oleh: Syulianita (Editor) - 27 November 2022

Semangat untuk pariwisata bangkit, dan tumbuh lebih cepat terus digaungkan oleh Himpunan Anak Media (HAM) ke para stakeholders dan pemerintah daerah yang memiliki komitmen untuk mengembangkan pariwisata. Ini menjadi kampanye HAM setiap merayakan hari jadinya. Di perayaan yang memasuki tahun ke-15, HAM berkolaborasi dengan Dafam Hotel Management, ARTOTEL Group dan Pemerintah Kabupaten Jember untuk membangkitkan serta memulihkan kembali pariwisata di daerah yang terkenal sebagai kota festival ini.

Arief Suharto, Ketua Himpunan Anak Media saat menerima jamuan makan malam di Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa Malam (22/11/2022) menyampaikan, bersama 25 jurnalis nasional yang berkantor pusat di Jakarta, HAM ingin melakukan perjalanan jurnalistik secara langsung ke Kabupaten yang terkenal sebagai Kota Festival ini.

“HAM ingin mengeksplorasi di kota berlangsungnya Jember Fashion Carnaval. Jember kaya akan potensi pariwisata dan produk ekonomi kreatif. Dan HAM, akan ambil bagian untuk menyampaikan pesan bahwasannya Kabupaten Jember siap menerima kunjungan wisatawan sebagaimana kampanye mereka yakni Jember Keren,” ujarnya.

Arief pun menambahkan, HAM siap berkolaborasi dan mengakselerasi pemerintah Jember dan para stakeholder pariwisata untuk memulihkan perekonomian secara cepat dan berkembang lebih tangguh lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Andhy Irawan, MBA, Putra Kelahiran Jember sekaligus CEO Dafam Hotel Management menyampaikan, Kabupaten Jember ini potensinya luar biasa. Namun ia mengaku masih kurang hal apalagi untuk menjadikan Jember menjadi luar biasa lagi.

“Terus terang saya terpicu dengan kerja keras Bupati Jember dalam mempromosikan daerahnya. Guna mengimbangi kerja kerasnya, saya sebagai putra daerah memboyong Himpunan Anak Media asal Jakarta untuk mengeksplorasi potensi wisata yang ada di daerah ini ke level nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Sementara itu Hendy Siswanto, Bupati Jember, menyampaikan terima kasih ke HAM berkenan berkunjung ke Kabupaten Jember. “Media adalah jendela dunia. Jendela dunia ini adalah HAM. Kita (Jember) hanya mempunyai jendelanya. Kalau nggak dibuka, maka nggak nampak. Jika HAM yang membuka, maka akan Nampak,” ungkap Bupati Hendy.

Dengan adanya awak media dari Jakarta bertamu ke Jember, Bupati Hendy menekankan, sudah saatnya Kabupaten Jember berbenah. Dengan tiga pilar utama yaitu, berkolaborasi, bersinergi dan akselerasi.

“Cara mengakselerasi Jember adalah dengan branding. Jember tak perlu malu untuk membranding dengan suatu event yang sudah eksis, sebut saja seperti Jember Fashion Carnaval, terus memanfaatkan momentum Piala Dunia Qatar 2022, kemudian membonceng event Jember Kota Cerutu Indonesia, dan seterusnya,” lanjut Bupati.

Ini, lanjut Bupati Hendy, sebenarnya ilmu sederhana, diposisi saat Jember tidak baik-baik saja. “Pun demikian halnya dengan HAM ini yang saya anggap sebagai jendela Dunia, maka tolong dikoreksi dan berikan masukan untuk segala kekurangan Jember untuk lebih baik lagi. Ini pun salah satu bentuk membranding Jember ke media,” pungkasnya.

Perayaan HUT HAM ke-15 ini, didukung penuh Dafam Hotel Management, ARTOTEL Group, Pemerintah Kabupaten Jember, dan para sponsorship mulai dari maskapai penerbangan Super Air Jet, McDonald, Malaysia Tourism, TTC Indonesia, Superindo, Sriboga, pelaku industri perhotelan; Archipelago International, IntiWhiz, Horison Group, Khas hotel management, dan lainnya. (Tan)