Favehotel Pamanukan – West Java, Istana di Tengah Sawah

Oleh: Syulianita (Editor) - 19 November 2022

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

Jika melintasi kawasan Pamanukan, tepatnya di Jalan M. Tjetje Dzakaria, Anda akan terpesona melihat bangunan tinggi berdiri sendiri di tengah persawahan. Adalah Favehotel Pamanukan, yang merupakan hotel baru di kawasan tersebut, hadir meramaikan industri hospitality sejak awal tahun 2022.

Setelah sempat terpuruk selama 2 tahun akibat pandemi Covid – 19 yang melanda global, industri pariwisata kini kembali bergeliat, termasuk di dalamnya industri hospitality. Hotel hotel kembali bersinar dan siap menerima tamu kembali.

Tak ingin kehilangan momentum, hotel baru pun bermunculan. Salah satunya adalah Favehotel Pamanukan – West Java yang turut hadir menyambut tamu, baik tamu sekitar, tamu luar kota yang singgah, maupun tamu-tamu ekspatriat lantaran lokasi hotel yang dekat dengan Pelabuhan Patimban dan industri sekitar. Dan bisa dibilang Favehotel Pamanukan – West Java inilah satu satunya hotel chain internasional yang hadir di kawasan tersebut.

Ibarat “Istana di Tengah Sawah” kehadiran Favehotel Pamanukan – West Java tentu menjadi pusat perhatian. Apalagi bisa dikatakan Favehotel dari chain internasional yaitu Archipelago International disebut sebagai Favehotel terbesar ke – 3 di Indonesia dan menjadi satu satunya hotel di kawasan tersebut, berdiri kokoh di tengah sawah, tak ada lagi hotel chain internasional di sekitarnya.

Pantas saja jika keberadaan Favehotel Pamanukan – West Java seolah menjadi destinasi liburan baru, terutama bagi warga sekitar, “kami berusaha mencari sesuatu yang mereka butuhkan dan belum ada di sana, seperti hotel ini,” ungkap Vivia Setiawan selaku pemilik dari Favehotel Pamanukan.

Hotel belum lama berdiri namun perkembangannya luar biasa, hal tersebut terlihat dari occupancy yang semakin meningkat. “Karena semakin banyak juga orang yang merekomendasaikan untuk staycation di hotel kami, karena review untuk hotel kami juga luar biasa baik di segala platform. Kemudian selain untuk leisure yang paling besar kebutuhan bisnis. Jadi untuk perjalanan dinas dari perusahaan swasta dan juga pemerintahan yang ada keperluan ke Pelabuhan Patimban dan area industri sekitar, mereka menginap di hotel kami. Karena hotel kami adalah yang terdekat dari Pelabuhan Patimban dan area industri sekitar,” ujar Vivia.

Favehotel Pamanukan – West Java memiliki total 107 kamar dengan tiga tipe kamar, yaitu tipe Faveroom untuk tipe superior, Freshroom untuk tipe deluxe, dan Fabroom untuk tipe suites. Menariknya, pemandangan yang ditawarkan dari masing masing kamar adalah hijaunya persawahan yang terbentang luas. Untuk kebutuhan bisnis, tersedia 3 meeting rooms yaitu Sundaningsih, Haruman dan Galunggung dan ballroom, Argapura Grand Ballroom yang bisa disekat menjadi tiga meeting rooms, sehingga jika ditotal menjadi 6 meeting rooms. Untuk pengalaman kuliner, tersedia Lime Café yang menawarkan aneka hidangan yang menggugah selera.

Sementara untuk kebutuhan leisure, Favehotel Pamanukan – West Java juga bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga atau menjadi tempat singgah dalam perjalanan ke sekitar Jawa Barat, Jawa Tengah atau Jawa Timur jika melewati jalur Pantura. Favehotel Pamanukan – West Java memberikan free voucher untuk wahana kolam renang dan wahana air Bintang Fantasi yang lokasinya tak jauh dari hotel, hanya berjarak kurang lebih 1 km.

“Kami memiliki 107 kamar dengan 3 tipe yaitu Faveroom untuk tipe superior, Freshroom untuk tipe deluxe, dan Fabroom untuk tipe suites dengan fasilitas smart TV, google assistant untuk setiap kamarnya dan juga kecepatan internet yang sangat memadai sebagai fasilitas tamu kami untuk menunjang kebutuhan di area umum dan juga kamar. Kami juga menyediakan Lime Café untuk restaurant dengan kapasitas 80 pax yang memiliki beraneka ragam makanan dari nusantara sampai dengan western dengan design interior industrial. Kami juga memiliki ballroom dan juga ruang meeting yaitu Argapura dan tiga ruang meeting yaitu Sundaningsih, Haruman dan Galunggung, untuk Argapura Ballroom sendiri dapat dibuat menjadi tiga bagian, secara keseluruhan kami memiliki total 6 ruang meeting dengan kapasitas yang membuat hotel kami menjadi salah satu hotel yang memiliki ruang meeting terbesar. Semua fasilitas tersebut untuk accommodate segala kebutuhan tamu kami,” Vivia menerangkan fasilitas hotel.

Lebih lanjut, Vivia menambahkan fasilitas apa saja untuk melengkapi kebutuhan leisure bersama keluarga, “kami juga memberikan fasilitas free voucher untuk ke kolam renang dan wahana air terdekat yaitu Bintang Fantasi. Jadi kalau berlibur ingin berenang, ada kolam renang sangat luas dan juga wahana air. Untuk fasilitas hotel cukup lengkap dan baik untuk tamu kami,” imbuhnya.

Selain itu, ada juga beberapa destinasi wisata terdekat yang bisa dijangkau dari hotel, yaitu Wisata Buaya Blanakan, Pantai Pondok Bali, Pantai Kelapa Patimban, Taman Anggur Kukulu, dan Pantai Cirewang. Nah, sudah siapkah berlibur akhir tahun bersama keluarga? Pamanukan bisa menjadi destinasi pilihan berlibur.