Jakarta Content Week 2022 Angkat Tema “Collabrate”

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 November 2022

Jakarta Content Week 2022 merupakan sebuah acara yang mempertemukan industri kreatif di Asia Pasifik yang diselenggarakan Yayasan Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair. Di tahun ketiga ini, untuk pertama kali Jakarta Content Week menyelenggarakan 50 sesi secara live, talkshow, workshop, diskusi literasi, konten kreatif, pop-culture dan kuliner. Jaktent menghadirkan berbagai rangkaian program yang terdiri dari LitBeat, LitBite, LitFest, LitFilm dan The Market.

Jaktent tahun ini mengangkat tema “Collabrate”, kombinasi dari kolaborasi dan kalibrasi, diartikan sebagai sebuah strategi masa depan untuk industri kreatif. Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa dibutuhkan kolaborasi dalam industri kreatif, dan juga kalibrasi untuk mengatur da memastikan kita menuju ke arah yang benar dan tetap berada di jalur yang tepat. Jakarta Content Week bekerja sama dengan para stakeholders di industri kreatif tanah air dan luar negeri, sebagai contoh bentuk kalibrasi, adalah bersama-sama ingin menciptakan lingkungan yang inklusif, sadar-lingkungan dan berorientasi pada masa depan. Sebagai suatu bentuk upaya kolaborasi Jaktent memberikan ruang untuk menciptakan hal-hal baru, terutama memberikan manfaat bagi ekosistem di industri kreatif.

Menurut Avi Purba, General Manager Jaktent “Jaktent tahun ini untuk pertama kalinya selama 3 tahun penyelenggaraan, akhirnya, dapat dilaksanakan secara offline. Merupakan hal yang sangat menggairahkan bagi kami karena pada akhirnya kami dapat melakukan beragam sesi dan berinteraksi secara langsung di Jakarta Content Week. Kami berharap tahun ke-3 ini dapat memperkuat akar Jaktent untuk terus berlangsung semakin baik dan bergerak lebih luas lagi, sehingga ripple effect yang dihasilkan dapat menyentuh kota-kota lain bukan hanya Jakarta".

Penyelenggaraan Jaktent juga didukung penuh oleh Frankfurter Buchmesse Fair (FBF), Claudia Kaiser sebagai perwakilan dari FBF mengungkapkan dukungan itu ditunjukkan melalui kehadiran FBF itu sendiri, menghadirkan para pembicara dan buku-buku yang didatangkan dari Jerman. Program jangka panjang, Kami ingin menciptakan lebih banyak lagi kesempatan kerja sama antara industri kreatif di Asia Tenggara dan Jerman, dengan berfokus pada Indonesia.

Diaz Hensuk salah satu wakil dari kurator LitBeat Jaktent mengatakan bahwa dengan adanya wadah seperti Jaktent dapat mempertemukan pelaku yang kompeten dan relevan khusus di bidangnya untuk menyuarakan isu-isu tentang minimnya akses pendataan dan kehidupan yang berkelanjutan dalam bidang desain.

Mayumi Haryoto selaku perwakilan komunitas dari @bacapibo, komunitas yang aktif berkegiatan khusus untuk anak-anak, Kami sangat mengapresiasi dan senang dapat terlibat di Jaktent tahun ini. Jaktent memberikan perspektif baru dan menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas konten di Indonesia.

Jaktent akan berlangsung pada 11-13 November di Taman Ismail Marzuki, Ruang Belajar, Ruang Berkarya, Teater Wahyu Sihombing, Galeri Emiria Soenassa, dan Teater Sjuman Djaja. Pengunjung bisa mengunjungi booth dan pameran buku dari Patjarmerah dan bacapibo. Sebagai pembuka akan hadir penampilan musik dari Ananda Badudu pada 11 November 2022.

Press conference Jakarta Content Week diselenggarakan pada Jumat, 11 November 2022. Acara dihadiri oleh narasumber Avi Purba, General Manager Jakarta Content Week 2022, Claudia Kaise, VP Frankfurter Buchmesse, Diaz Henzuk Sekretaris Jenderal Asosiasi Desain Grafis Indonesia, dan Mayumi Haryoto Co-founder @bacapibo. Jakarta Content Week terselenggara atas kerjasama Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair. Didukung oleh mitra media okezone.com, idxchannel, Tempo, Republika Online, Media Indonesia, metro tv, medcom.id, suara.com, Greatmind, Brilio, VRadio, MNC Trijaya, Global Radio, Women Obsession’s, Men Obsession’s, Jakarta Creative Media dan FR.