Gerri Primacitra (GM Swiss-Belresort Dago Heritage), Melayani Dengan Integritas dan Attitude

Oleh: Syulianita (Editor) - 06 October 2022

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

Modal penting dalam berkarier di industri hospitality adalah memiliki integritas dan attitude yang baik. Prinsip itu dipegang betul oleh Gerri Primacitra. “Attitude adalah dasar utama berkarier di industri hospitality, how you treat the guest, starting when she or he come to the hotel until they check out,” tegas GM Swiss-Belresort Dago Heritage, Bandung ini.

Keyakinannya itulah yang kemudian membuat alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini menjalani kariernya dengan penuh totalitas. Mulai dari bawah hingga dia dipercaya menduduki jabatan GM Swiss-Belresort Dago Heritage yang merupakan resort pertama di Pulau Jawa dari jaringan Swiss-Belhotel International.

Ditemui Men’s Obsession di SwissBelresort Dago Heritage Bandung beberapa waktu lalu, pria yang sudah cukup lama malang melintang berkarier di beberapa hotel bintang lima ini, mengaku bangga bisa bergabung dengan manajemen perhotelan SwissBelhotel International yang reputasi dan profesionalitasnya sudah diakui dunia.

Selain integritas dan attitude, Gerri juga banyak belajar dari para pimpinannya. Selain itu, “selalu haus akan ilmu!” ini juga menjadi faktor penting dan menjadi salah satu kunci suksesnya. “Never stop learning! Don’t be a full glass yang ketika diisi akan tumpah, tapi selalu menjadi gelas kosong jadi bisa selalu diisi dengan ilmu, kita harus terus belajar,” ujar penggemar olahraga bola basket dan motor trail ini.

Dengan belajar ia mendapatkan banyak hal untuk menjalani kiprahnya dan mengatasi kendala yang ada. Karena ia paham setiap perjalanan tentu ada kerikil yang menjadi tantangan yang harus dihadapi. Namun, Gerri berhasil menyikapinya dengan baik dan bijaksana. “Betul, selalu ada tantangan. Tapi ketika menghadapi itu yang paling utama adalah komunikasi, bagaimana kita bisa deliver a good communication. Saya selalu katakan pada tim saya, communicate everything,” tegasnya.

Dengan memadukan integritas, attitude dan banyak belajar itulah ia mampu mengadaptasi pola kepemimpinan yang bagus dari para leader-nya terdahulu. Ia juga selalu menekankan kepada timnya agar memiliki integritas tinggi apa pun posisinya. Gerri mencontohkan, misal untuk seorang waiter harus memiliki integritas sebagai waiter yang baik, demikian pula posisi Front Office memiliki integritas bagaimana menjadi seorang Front Office yang baik. “Apa pun posisi dan jabatannya, selalu jadilah yang terbaik!”

Resort Pertama di Pulau Jawa

Swiss-Belresort Dago Heritage menjadi resort pertama di Pulau Jawa dari jaringan Swiss-Belhotel International. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik. Terletak di kawasan Dago Atas Bandung, Swiss-Belresort Dago Heritage menawarkan pemandangan landscape yang begitu indah menawan. Belum lagi fasilitas yang terintegrasi dengan Dago Heritage Golf yang terletak masih satu kawasan dengan hotel.

“Ini adalah salah satu signature dari Swiss-Belresort Dago Heritage, dan saya memiliki kebanggaan yang cukup tinggi bahwa properti ini menjadi leading di daerah Dago untuk resort. Properti ini sudah berjalan selama empat tahun, dan selama empat tahun properti ini menjadi sumbangsih untuk pariwisata di Jawa Barat, terutama di Bandung,” tuturnya.

Di samping resort, Swiss-Belresort Dago Heritage ini juga dilengkapi ruang meeting untuk kebutuhan bisnis dan acara. Dengan demikian, komposisi antara market leisure dan corporate bisnis menjadi seimbang. Hotel ini mampu menarik kedua market tersebut. “Jadi saling mengisi. Itu unique selling point-nya. It’s not only a resort but it’s a place you can do a meeting. Ke depannya saya akan coba melihat bahwa dua market ini bisa kita simultankan dan dengan menambahkan beberapa fasilitas,” pungkas Gerri.

Melihat kota Bandung sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat, ke depan Gerri juga akan membuat paket perjalanan wisata dan paket golf course yang terintegrasi dengan harga kamar. 

“Inilah yang akan kami explore, bahwa ketika ke Swiss-Belresort Dago Heritage, ada paket berlibur yang bisa dipilih, bisa glamping di atas, atau ke Patahan Lembang atau ke Tahura, ini belum ada. Saya melihat bahwa market leisure akan mengisi di weekend dan market corporate business akan mengisi di weekday. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga yang corporate, leisure government juga akan menjadi market leisure, jadi bisa saling mengisi,” Gerri menerangkan strategi yang akan dilakukannya ke depan.