HUT ke-8, Aston Banua Banjarmasin Gelar Archipelago Food Festival Borneo Chef’s Dinner Collaboration

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 September 2022

Dalam rangka memeriahkan perayaan Ulang tahun ASTON Banua Banjarmasin yang ke-8, Archipelago Food Festival hadir dengan menyiapkan acara santapan spesial yang akan dengan bahan dasar ikan patin. Acara dikemas dalam bentuk makan malam yang dilaksanakan di Area Pooldeck Oasis Swimming Pool ASTON Banua Banjarmasin pada hari Sabtu, 10 September 2022.  Penyelenggaraan Archipelago Food Festival kali ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Archipelago International yang ke-25 pada tahun ini.

“Merupakan momen luar biasa bagi perayaan Ulang Tahun ASTON Banua Banjarmasin yang ke-8 ini. Karena tahun ini bertepatan dengan HUT Archipelago International ke-25, maka kami mengundang para Chef terbaik dari hotel-hotel Archipelago di Kalimantan Selatan dan Tengah untuk berkolaborasi dalam Archipelago Food Festival Borneo Chef’s Collaboration 2022,”  ungkap  Dikdik Solehudin, General Manager ASTON Banua Banjarmasin.

Archipelago Food Festival merupakan ajang festival kuliner dengan kolaborasi para Chef dari berbagai hotel di jaringan Archipelago International. Pada kesempatan ini para Chef hotel- hotel area Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan bergabung dan dipimpin oleh Chef Windoe selaku Corporate Executive Chef Archipelago International dalam menunjukkan kepiawaiannya mengolah ikan patin menjadi berbagai hidangan ala hotel yang lezat dan menggugah selera, tentunya akan menjadi pengalaman unik tersendiri bagi masyarakat Kota Banjarmasin.

Chef yang berpartisipasi dalam gelaran ini yaitu Chef Yedi dari NEO Palma Palangkaraya, Chef Junna dari ASTON Tanjung Pinang, Chef Wahyu dari favehotel Ahmad Yani Banjarmasin, Chef Sobari dari ASTON Banua Banjarmasin dan Chef Ano dari favehotel Banjarbaru. Acara tersebut juga akan dimeriahkan food parade dengan iringan musik dan tarian tradisional khas Dayak, Kalimantan.

“Archipelago Food Festival di ASTON Banua Banjarmasin ini merupakan AFF ke-16 yang kami selenggarakan di berbagai kota di Indonesia sejak akhir tahun 2021. Dari empat pilar utama Archipelago, salah satunya adalah ‘Rich in Culinary’. Yang artinya kuliner menjadi bidang yang diutamakan di hotel-hotel Archipelago. Mengangkat hasil alam khas Banjar yaitu Ikan Patin, para Chef hebat ini akan mengolahnya menjadi aneka sajian lezat mulai dari canape, aneka sup, hingga hidangan utama yang dimasak secara live cooking di 6 stall yang disediakan,” ujar Chef Windoe, Corporate Executive Chef Archipelago International.

Sambil bersantap malam, para tamu juga dihibur dengan tarian tradisional khas Dayak dan Kalimantan Selatan, alunan musik akustik, hingga hentakan musik yang dimainkan DJ. Tentunya ada juga doorprize menarik yang disiapkan untuk membuat acara semakin semarak.

“Selain Rich in Culinary, Archipelago juga memiliki pilar Rich in Traditions, yang memiliki makna menjunjung tinggi nilai-nilai budaya di setiap daerah tempat hotel tersebut berada. Misalnya di ASTON Banua Banjarmasin ini, Pulau Kalimantan dikenal dengan Suku Dayak dan Kain Sasirangan, begitupun dengan tarian adatnya, itulah yang turut dihadirkan dalam AFF kali ini,” tambah Sari Kusumaningrum, Director of Corporate Communications & PR Archipelago International yang turut menghadiri acara tersebut.


 
AFF di ASTON Banua Banjarmasin secara resmi dibuka oleh Istri dari Bupati Banjarmasin, Hj. Nur Gita Tiyas Mansur, M.Pd. Dengan tiket yang dijual seharga Rp100.000,- nett per orang, AFF berhasil menarik minat 250 orang yang hadir pada malam tersebut.
 
“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Dan harapan kami di tahun ke-8 ini ASTON Banua Banjarmasin dapat terus maju dan berkembang, serta menjadi hotel pilihan utama bagi masyarakat saat berada di Kota Banjarmasin,” pungkas Dikdik.