Oleh: -

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi perwakilan siswa Labschol Kebauoran,  Savero Taruma Wijatno dan Calissa Atailla Ramadina

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melepas delegasi kebudayaan SMP Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan yang akan ikut kompetisi ajang 'Peace Dance Festival and Competition' di Canakkale, Turki. "Kami bangga atas kiprah SMP Labschool Kebayoran untuk ambil bagian dalam kompetisi di Peace Dance Festival and Competition tersebut" kata Sandiaga ketika memberi sambutan pelepasan delegasi budaya SMP Labschool Kebayoran di Jakarta, Senin (22/8).

Untuk itu Sandiaga berpesan kepada para peserta agar dapat membawa dan mengharumkan kebudayaan Indonesia di kancah Internasional. Dia juga mendoakan agar tim dapat memenangkan event tersebut. “Selamat berjuang untuk peserta kompetisi Peace Dance Festival and Competion. Bawa nama harum Indonesia,” pesan Sandi.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Sandiaga Uno berharap ajang serupa dapat digelar di Indonesia sebagai tuan rumah. Karena event tersebut tentu akan menarik wisatawan manca negara untuk datang ke Indonesia dengan konsep World Dance Festival and Competition.

Hal itu, ujarnya, sejalan dengan pernyataan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dengan diselenggarakannya G20, Indonesia juga akan siap menyelenggarakan event internasional lainnya. "Karena dengan kegiatan dance festival ini tidak mungkin yang datang cuma 10 orang. Bayangkan jika ada 35 delegasi dan masing-masing membawa 10 peserta 'kan sudah 350 orang, itu kan peningkatan wisatawan," paparnya.



Dalam kesempatan itu, Sandi sempat bertanya kepada perwakilan siswa Savero Taruma Wijatno dan Calissa Atailla Ramadina,  apa tarian yang akan dibawakan nanti yang langsung dijawab bahwa untuk tariannya mereka akan membawakan tarian Gemohing dari NTT dan tarian Bada Hatam campuran dari Melayu dan Betawi. Mereka menjelaskan bahwa timnya sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk mengharumkan nama Indonesia.

Menparekraf selanjutnya bertanya lagi, "jika Indonesia menjadi tuan rumah acara dance competition, menurut kalian daerah mana?" yang dijawab siswa perwakilan Labschool, Savero Taruma Wijatno, "Daerah Lombok NTB, Pak karena memiliki pantai yang indah dan belum tereksplor dengan baik," jawab Savero yang akan tampil sebagai penabuh gendang di acara tersebut.

Sementara dalam kesempatan itu Kepala SMP Labschool Kebayoran, Yati Suwartini menaruh harapan besar agar para siswanya dapat mengharumkan nama Indonesia dan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki nasionalisme tinggi.

"Selain seni tari dan musik tim juga akan membawa pakaian adat dan kuliner Indonesia. Sekaligus  akan memperkenalkan tentang Indonesia ke negara yang lain,” tegas Yati.

Sekadar catatan, kompetisi ini sendiri telah diikuti oleh SMP Labschool Kebayoran sejak tahun 2010.