Dunia Tipu Tipu Yura Yunita

Oleh: Giatri (Editor) - 01 August 2022

Yura Yunita merilis video musik terbaru untuk track pertama dari album Tutur Batin, yakni Dunia Tipu-Tipu. Menggandeng sutradara Gianni Fajri dan Bonita Rachel (MIURA Films), video musik tersebut mengusung konsep social experience, di mana 7 pasangan non aktor yang terdiri dari suami istri, kakak adik, sahabat, serta orang tua dan anak, saling memandang dari mata ke mata selama empat menit dan berkomunikasi sejujur-jujurnya.

Menurut Yura, 2 orang yang semakin sering bertemu, apalagi yang tinggal bersama, akan semakin jarang melakukan deep conversation.

“Mudah-mudahan dengan adanya social experience ini, bisa membawa pergerakan yang baik, jadi ingin kontak orang tua, ingin kontak sahabat,” ungkapnya.

Yura pun ingin lagu ini bukan hanya mewakili perasaannya sendiri saja, tetapi juga dapat mewakili pengalaman dan perasaan banyak orang.

Ia mengaku pengalaman syuting video musik Dunia Tipu-Tipu melelahkan secara emosional, tetapi terasa sangat indah.

“Baru kali ini saya syuting, mulai dari jam 1 siang sampai jam 11 malam. Kami satu tim nangis semua, terbawa dengan hubungan 7 pasangan yang begitu kuat dan apa adanya. Pertama kali seumur hidup saya, berjam-jam berurai air mata, karena begitu indahnya hubungan pasangan,” ujarnya.

Proses syutingnya sendiri unik karena melibatkan 7 pasangan yang benar-benar memiliki hubungan nyata, bukan diperankan oleh aktor dan sebelumnya mereka semua belum pernah mendengar lagu-lagu Yura. Mereka masuk ke dalam sebuah ruangan yang redup dan nyaman, di mana di dalamnya sudah disiapkan kamera tersembunyi.

Di dalam, mereka akan bertatap-tatapan selama 4 menit diiringi lagu Dunia Tipu-Tipu dan adegan tersebut hanya diambil dalam satu kali take. Proses ini juga dibantu oleh Nabila Ghassani, seorang hipnoterapis yang juga menjadi konsultan psikologi yang mengarahkan para pasangan ini.

“Prosesnya begitu indah untuk bisa menyaksikan keterhubungan batin masing-masing pasangan,” Ujar Nabila. ”Kekuatan tatapan mata, bisa membantu masing-masing individu untuk bisa merasa dan memahami satu sama lain. Tanpa kata, dengan terhubung secara batin, rasa yang muncul jujur dan murni dari hati.”  Sutradara video musik ini, Gianni Fajri juga beranggapan serupa, “Rasa haru, bersyukur dan cinta. Kekuatan menatap adalah kekuatan yang sangat powerful, karena dengan itu kita dapat mengerti batin pasangan kita dan perasaan kita terhadap mereka dan tersampaikan tanpa kata-kata. Metode ini dapat mempererat hubungan kita.”

Penelitian dari University of Amsterdam, Belanda, mengatakan bahwa ketika kita memandang lawan bicara, maka akan ada kecenderungan dari mata kita untuk meniru ukuran bola mata sang lawan bicara. Perubahan yang terjadi saat mata kita menatap lawan bicara itu memiliki dampak yang besar kepada proses pengambilan keputusan yang akan kita buat dengan orang tersebut, misalnya seberapa percayanya kita dengan sang lawan bicara.

Semenjak Yura merilis lagu dan video klip Tutur Batin, secara organik muncul semacam behavior di para pendengar Yura. Tutur Batin sendiri adalah lagu yang merayakan ketidaksempurnaan. Lagu tersebut kemudian ramai di TikTok, para pengguna TikTok menggunakan lagu itu untuk mengekspresikan pesan yang sama, sehingga lagu-lagu Yura dianggap dapat mewakilkan suara-suara para pendengarnya yang selama ini mungkin masih terpendam.

Donne Maula, penulis lagu Dunia Tipu-Tipu, mengungkapkan,“Waktu habis nonton video klipnya, langsung nelpon sahabat saya, merasa kurang ajar, bersalah sekali, banyak sahabat yang dekat, tapi sudah seperti 4-5 tahun ini tidak tanya kabar padahal dulu suka membantu, saya merasa banyak salah, sahabat saya sampai bingung, tiba-tiba saya mau minta maaf, gara-gara music video ini, saya jadi mau bilang lagi terima kasih sedalam-dalamnya sama mereka.” 

Yura juga menganggap lagu Dunia Tipu-Tipu adalah lagu yang special. “Tiap menyanyikannya selalu mendapatkan energi yang berbeda, apalagi ketika membawakan secara live performance dan mendapat energi dari penonton, terasa begitu berharga,” pungkasnya.

Video musik Dunia Tipu-Tipu sudah dapat disaksikan di kanal YouTube Yura Yunita.