Sejauh Mata Memandang Ajak Lindungi Bumi dari Kepunahan di ARTJOG 2022

Oleh: Giatri (Editor) - 10 July 2022

Mengajak masyarakat untuk menyelamatkan bumi dari kepunahan, Sejauh Mata Memandang menghadirkan instalasi bertajuk “Kisah Punah Kita” di ARTJOG 2022. 

Bertempat di Jogja Nasional Museum (JNM), Daerah Istimewa Yogyakarta, pameran instalasi ini digelar pada 8 Juli hingga 4 September 2022.

Tahun ini, ARTJOG mengusung tema "Expanding Awareness". Pameran seni terbesar di Yogyakarta tersebut ingin menyampaikan bahwa kesadaran tak hanya terbatas pada pemahaman kritis manusia tentang berbagai permasalahan yang terjadi.

Namun lebih dari itu. Diharapkan para pengunjung dapat membuka mata bahwa kontribusi kecil kepada sesama makhluk hidup akan memberikan dampak positif pada masa yang akan datang.

Hal ini selaras dengan pilar utama Sejauh Mata Memandang yang terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan semakin gentingnya permasalahan lingkungan hidup yang perlu ditindaklanjuti bersama, baik dari perubahan perilaku maupun tindakan nyata.

Memanfaatkan area utama ARTJOG 2022, “Kisah Punah Kita” adalah pengingat betapa dekatnya kita dengan kepunahan massal keenam, namun hal tersebut sebenarnya masih bisa dicegah.

Seni adalah medium yang berbicara lewat rasa, menghibur, dan lebih mudah diterima juga dipahami, sehingga “Kisah Punah Kita” dibuat dengan pendekatan sederhana dan memanfaatkan berbagai bahan sehari-hari sebagai medium untuk menyampaikan pesan. 

Pengunjung diajak berinteraksi dan berkaca. Selama ini, kita mengeksploitasi alam habis-habisan, mengubah fungsi hutan menjadi ladang makanan, tanpa memedulikan keberadaan dan hak makhluk hidup lain.

“Kisah Punah Kita adalah sebuah ajakan memperlambat kepunahan keenam dan pengingat agar kita semua sadar dan melakukan aksi nyata. Mari, bijak dengan pilihan kita, lebih bertanggung jawab dengan apa yang kita konsumsi,” ungkap Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto.

Sebagai kegiatan sambungan dari ARTJOG tersebut, Sejauh Mata Memandang juga menghadirkan “Sejauh Rumah Kita”, tempat konsumen bisa mendapatkan produk-produk Sejauh sekaligus belajar dan berinteraksi dengan berbagai komunitas.

“Sejauh Rumah Kita” berlokasi di Rumah Simbah Studio, Jalan Kampung Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta. Rumah bernuansa Jawa yang dibangun pada tahun 1950-an ini dibuka setiap hari pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Menariknya lagi, setiap Sabtu (pagi dan sore) digelar workshop dengan pemateri dari berbagai komunitas di Yogyakarta. Materinya seputar slow living, praktik-praktik sederhana dalam menjaga lingkungan, serta beragam tips yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

 

Foto Sejauh Mata Memandang