Biru Baru Ajak Pendengar Temukan Sosok Terang dalam Hidup

Oleh: Giatri (Editor) - 26 June 2022

Usai merilis Nostalgia, Nostalgia pada bulan April lalu, Biru Baru kembali menerangi industri musik dengan merilis karya berjudul Terang. Single ini merupakan rilisan keempat semenjak gabung dengan JUNI Records.

Lagu Terang bercerita tentang seseorang yang menemukan sosok pasangan ideal dan bisa menerangi hidupnya di berbagai kondisi sedih maupun senang. Lirik lagu dan progresi atau susunan chord lagu ditulis dalam waktu semalam. Lagu ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi Clemens Goldan Divembryan atau Goldan (gitar elektrik/synthesizer) serta Talitha Belinda Esmeralda atau Tata (gitar akustik/drum) juga mengambil referensi dari menonton film.

"Saya selalu terkesima sehabis menonton film. Lagu Terang terinspirasi dari film The Notebook dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Dari euforia menonton film tersebut, saya mengumpulkan ide dan mengambil aransemen modern dan agak menyentil ke ballad classic untuk Terang,” ungkap Tata.

Lagu Terang, imbuhnya, tema besarnya tentang cinta dengan kata-kata yang lumayan puitis. Melalui lagu ini, ia berharap semua pendengar dapat merasa nyaman ketika dia dekat ataupun terus ada dalam hubungan di segala kondisi.

Sementara Goldan berharap Terang dapat mengantarkan pendengar untuk menemukan sosok yang bisa menerangi perjalanan hidupnya. “Juga single ini sepertinya cocok jadi soundtrack film romantis,” imbuhnya.

Proses pembuatan lagu Terangmemakan waktu dua bulan dan dilakukan di dua  studio, yaitu studio pribadi milik Biru Baru dan studio rekaman vokal milik Aldi Nada Permana, vocal director lagu ini. Fakta menarik tentang single ke-4 tersebut, dalam pengerjaan music video, Biru Baru menggandeng 2 pemain film, yakni Lutesha (Penyalin Cahaya) dan Roy Sungkono (NKCTHI).

Di music video Terang, Lutfi Pradita selaku sutradara, menyajikan visual dengan treatment story telling yang menggambarkan kondisi pasangan dengan segala macam situasi dan problematika dalam hubungan, namun tetap bisa nyaman bersama.

CEO JUNI Records, Adryanto Pratono menambahkan, “Terang berfokus kepada suara Tata yang terdengar sangat hikmat sekaligus menusuk lewat penulisan kata-katanya. Makin istimewa begitu menonton musik videonya, akting Lutesha dan Roy Sungkono memberikan lagu ini seperti satu soundtrack kehidupan bagi yang mendengarkan,” ungkap Adryanto.

Terang adalah project keempat Biru Baru bersama JUNI Records. Biru Baru sendiri telah merilis Terbenam, Benderang! & Nostalgia, Nostalgia. Terang  sudah bisa didengarkan di layanan digital streaming platforms, seperti Apple Music, Deezer, JOOX, Langitmusik, Resso, Spotify, Tiktok, dan YouTube Music.