Diplomat Success Challenge 2022 Tantang Pebisnis Muda Tunjukkan Ide Bisnis

Oleh: Angie (Editor) - 10 June 2022

Gelaran tahunan Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 kembali menantang para pebisnis muda untuk menunjukkan ide bisnisnya. Pada Rabu (8/6) lalu, DSC 2022 resmi dibuka dan akan menyeleksi, membina, serta memberikan modal usaha bagi ide bisnis terpilih dengan total hibah modal usaha mencapai Rp2 miliar. 

DSC 2022 memberikan perhatian besar pada bisnis yang sustainable dan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Dalam acara Kick-off & Press Conference DSC 2022 di Jakarta, Program Initiator DSC 2022, Edric Chandra menyatakan tujuan bisnis seharusnya lebih dari mengejar keuntungan.

Sebagai program dan ekosistem wirausaha, DSC telah lebih dari 12 tahun membantu social enterprises dengan berbagai inovasi yarng mampu memberikan dampak positif secara sosial. Model bisnis yang memiliki nilai keberlanjutan atau sustainability nantinya akan mampu memberdayakan masyarakat serta lingkungan sekitar.  "Kami ingin hal ini dapat menjadi tujuan pula bagi ide bisnis baru yang akan berkompetisi dan berkolaborasi di DSC 2022," tutur Edric.

 

Fokus Pada Bisnis Berkelanjutan

Dunia usaha di Indonesia pada 2022 membawa banyak harapan dan perubahan positif. Banyaknya bisnis yang bermunculan dibarengi dengan tujuan keberlanjutan semakin menjadi perhatian. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya isu di berbagai belahan dunia, seperti krisis iklim, ketimpangan sosial, kesetaraan gender, dan lain sebagainya. 

Selain memiliki tujuan keberlanjutan, banyak aspek dalam berbisnis yang menjadi elemen dasar. Ketua Dewan Komisioner sekaligus Program Founder DSC, Surjanto Yasaputera menuturkan bahwa para peserta diharapkan tidak melupakan nilai keberlanjutan yang menjadi dasar dari usahanya. "Keberlanjutan tidak hanya dinilai dari model atau tujuan bisnis itu sendiri. Seringkali sesuatu hal yang menjadi fondasi dari bisnis luput dari perhatian. Di DSC 2022, kami akan kembali melakukan penilaian yang menyeluruh, memastikan bisnis tidak hanya memiliki nilai keberlanjutan, namun juga benar-benar memiliki akar yang kuat agar dapat bertahan, berkembang, dan relevan," jelasnya. 

 

Nilai Hibah Total 2 Miliar dan Pembinaan

Pada gelaran DSC 2022, para peserta akan mendapatkan hibah modal usaha dengan total Rp2 miliar. Namun tidak hanya itu, DsC juga akan memberikan fasilitas inkubasi bisnis, pembinaan dari para coaches, dan bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang saat ini memiliki lebih dari 400 anggota. Formasi Dewan Komisioner pada DSC 2022 masih akan diisi oleh Surjanto Yasaputera selaku Ketua Dewan Komisioner, dan dua anggota Dewan Komisioner lainnya, yakni Antarina S.F. Amir dan Helmy Yahya. Hadir pula empat orang coaches yang akan lebih intens memberikan arahan dan bimbingan bagi para peserta DSC 2022 untuk mencapai tujuan bisnisnya. Para coaches tersebut antara lain M. Jupaka COO Nama Beauty & Strategic Advisor, Andanu Prasetyo CEO of Maka Group & Founder Toko Kopi Tuku, Tashya Araysha Director RANS Bisnis Indonesia, dan Tarra Budiman CEO Shining Bright.

DSC mengundang para entrepreneur Indonesia untuk mewujudkan visi bisnis dan #BikinGebrakan. Segera daftarkan diri dan bisnis sebelum 19 September 2022. Seluruh syarat dan ketentuan, detail, maupun dan alur kompetisi, sekaligus platform untuk mendaftarkan diri ke DSC 2022 dapat diakses melalui situs www.diplomatsukses.com. (Angie | Foto: Angie)