Men's Obsession 9th Anniversary: 9 Koleksi Unik

Oleh: content (Administrator) - 01 January 2013
Naskah: Sahrudi   Foto:  Dok. MO

Ada banyak cara orang untuk menyalurkan hobi. Salah satunya dengan mengoleksi barang-barang yang menarik dan langka, bahkan mahal. Para kolektor berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pejabat, wartawan, pengusaha dan lainnya. Dari sekian banyak hobi koleksi itu, ada 9 orang kolektor benda-benda menarik. Berikut koleksi mereka.

1. M. Ryaas Rasyid (Kolektor keris)

Ryaas Rasyid yang kini menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Preside adalah salah seorang pecinta keris. Ihwal kesukaannya terhadap keris berawal pada tahun 1981 tatkal ia menetap di Yogyakarta untuk menjadi dosen di salah satu pergurua tinggi.

Ketika itu, seoran sejarawan yang juga pakar budaya bernama Sumar Said Moertono menghadiahi mantan Menter Otonomi Daerah ini, sepucuk benda tajam tersebut. Keris tersebut hanyalah keris sederhana, tak memiliki pamor namun kono besinya bertuah. Mulailah ketertarikan terhadap keris ia rasakan dan ia pun mulai mengoleksi. Selain bentuknya bagus, bagi Ryaas, keris memiliki nilai filosofi sebagai sebuah karya budaya luhur manusia. Kini koleksi kerisnya telah mencapai ratusan yang terpajang apik dirumahnya di bilangan Jalan Margasatwa, Jakarta Selatan.

2. Melani Suharli (Kolektor Wastra Nusantara)

Ketertarikan Melani untuk mengoleksi wastra nusantara bermula ketika tahun 2002-2007 ia menjadi Sekjen IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dimana ia sering melantik IWAPI di daerah-daerah.

Di setiap kunjungannya ia selalu mencari tahu apa yang menjadi ciri khas daerah setempat seperti di Jawa terkenal dengan batiknya, sedangkan daerah-daerah lain dikenal tenunnya.

Masing-masing daerah memiliki corak yang berbeda-beda hingga ia tertarik untuk mengoleksi. Kini koleksinya terbilang lengkap mulai dari wilayah Timur-Barat Indonesia hampir ia miliki. Wakil Ketua MPR RI ini juga memiliki obsesi menjadikan kain tenun sebagai warisan dunia yang diakui UNESCO menyusul batik.

3. Ingrid Kansil (Kolektor Lampu Gentur Cianjur)
Lampu gentur merupakan hasil kerajinan tangan khas dalam negeri yang memiliki nilai seni yang tinggi karena membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam proses pembuatannya, tak ayal jika salah seorang anggota Komisi VIII DPR RI fraksi Partai Demokrat jatuh hati pada benda yang berasal dari Cianjur tersebut.

Ia mengaku telah menjadi kolektor sejak lama terbukti dengan banyaknya lampu gentur yang terpajang apik di kediamannya di daerah Wican, Sentul, dan Cianjur. Tidak hanyamengoleksi, ia pun dalam banyak kesempatan selalu mempromosikan lampu gentur, baik di acara pameran kenegaraan ataupun pameran daerah dengan harapan agar lampu gentur bisa dikenal luas.