9 Klub Otomotif Bergengsi

Oleh: content (Administrator) - 01 January 2013
1.BMW Car Club Indonesia

BMW Car Club Indonesia (BMWCCI) merupakan satu-satunya klub BMW resmi di Indonesiayang diakui oleh BMW Clubs International Council di Jerman. Club ini berada langsung di bawah naungan BMW AG. BMWCCI terbentuk sejak 24 Mei 2003 di Jakarta ini telah memiliki Chapter (perwakilan daerah) dan Register (perkumpulan mobil menurut tipe body). Beberapa Chapter dari BMW Car Clubs Indonesia berada di Jakarta, Bogor, Bandung, Banten, Jogyakarta, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Palembang dan Lampung. Sementara untuk Register terdiri dari E30 Register, Classic Register dan M Owners Club Indonesia. Komunitas yang diketuai oleh Benhard Sibarani ini mengadakan kegiatan rutin bulanan dan sejak 2007 memiliki kegiatan utama yang telah menjadi agenda tahunan, yaitu BIMMERFEST (ajang pesta berkumpulnya seluruh penggemar BMW di Indonesia).

2. FOCI (Ferrari Owner Club Indonesia)


Ferrari Owner Club Indonesia (FOCI) didirikan pada Mei 2002 setelah pemerintah Indonesia mencabut larangan pada impor mobil asing. Ferrari yang pertama masuk ke Indonesia adalah Ferrari 360 Modena. Kini tipe yang bisa dijumpai di jalanan Indonesia adalah Ferrari 355 GTB / GTS, 360 Modena, 360 Spider, 360 Challenge Stradale, F430 Coupe, F430 Spider, F430 Scuderia, 575 M Maranello, 575 Holiday America, 612 Scaglietti, 599 Fiorano, dan Enzo Ferrari. Saat ini FOCI memiliki 80 anggota yang berasal dari kalangan profesional, pengusaha, pengacara, pemilik hotel dan top manajer. Adapun kegiatan rutin dari FOCI adalah tur dua bulan sekali, Track Racing Day, kegiatan sosial, Charity Day.

3. JAJ (Jakarta American Jeep)


Jakarta American Jeep, pada awalnya hanyalah sekumpulan penggemar Jeep buatan Amerika yang sering mengadakan pertemuan, selain bertujuan untuk bersilahturahmi, pertemuan tersebut juga dimaksudkan sebagai ajang bertukar pikiran dan informasi. Dari kecintaan terhadap mobil jeep itu, akhirnya pada tanggal 28 Juli 1984 terbentuklah suatu wadah bagi penggemar mobil jeep, yang diberi nama Jakarta American Jeep (JAJ). Komunitas yang kini memiliki 232 anggota ini aktif mengikuti kejuaraan-kejuaraan off-road yang diselenggarakan di tanah air.Adapun kegiatan yang dilakukan oleh oleh JAJ, antara lain adalah Safari Berburu (kegiatan membantu masyarakat Jambi dalam memerangi hama babi hutan), Tour Trans Sulawesi Makassar-Manado bersama dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), mengadakan touring ke Pulau Komodo, melakukan bakti sosial terhadap korban bencana Tsunami Aceh tahun 2004 silam, l2 September 2012 menyelenggarakan HUT JAJ ke-28 di Gunung Walet, 6 November touring bersama komunitas jeep lain ke Surabaya dalam rangka menyambut hari pahlawan.

4. Corrola Retro Club

Corrola Retro Club merupakan komunitas yang mewadahi para penggemar Toyota Corolla lansiran 1970 – 1980-an. CRC berdiri sejak tahun 2004 dan hingga saat ini memiliki 70-an anggota. Untuk menunjukan eksistensinya komunitas yang diketuai oleh Benny Wicaksono ini tidak hanya sekadar kopdar, tapi juga sebagian anggotanya ada yang ingin menunjukan bahwa mobil yang melegenda sebagai mobil terlaris pada jamannya merupakan mobil yang handal di ajang motosport dengan aktif mengikuti balap, touring, rally, slalom, drifting.

5. Porsche Club Indonesia


Porsche Club Indonesia merupakan komunitas independen yang berdiri tanggal 26 Februari 2011 di Jakarta.Komunitas ini beranggotakan para pemilik Porsche dari berbagai varian yang beredar di Indonesia. Berbagai kegiatan diadakan oleh PIC seperti touring pada akhir pekan, pada Mei 2011 melakukan kunjungan ke Brisbane untuk mengikuti Sport Driving School , 3-9 September 2012 PIC bersama Porsche Centre Jakarta menggelar pameran koleksi-koleksi mobil Porsche masa lalu bertajuk Porsche Classic Parade 2012 di Pacific Place, SCBD, Jakarta.

6. MBClubINA

Mercedes-Benz Club Indonesia dibentuk pada 2 September tahun 2004 atas inisiatif dari Bambang Hariyadi, Tubagus Syamsul Hidayat, Ridwan Pohan dan Dharma Adsasmuda yang mewakili Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia (MTC) & Mercedes-Benz Classic Club Inonesia (MCCI). Hingga saat ini, para pendiri tersebut aktif sebagai dewan pembina di MB Club INA. MBClubINA merupakan induk organisasi dari 57 klub Mercedes-Benz di Indonesia yang mewakili wilayah atau tipe kendaraan. Hingga kini, MBClubINA memiliki anggota lebih dari 2.500 dengan jumlah kendaraan hingga 2.700 unit.

7.Nuvolks


Komunitas resmi Volkswagen Water Cooled (Nuvolks) pertama kali dibentuk dengan nama GTI Community pada pertengahan Desember 2002 dan kemudian berubah nama pada 3 Oktober 2007. Nuvolks dibentuk dengan tujuan sebagai wadah bagi penggemar VW untuk mendapatkan informasi mengenai VW, ajang silahturahmi dan berbagi serta memperluas jaringan. Komunitas yang kini beranggotakan 257 orang ini setiap tahunnya minimal menggelar 6 kegiatan besar contoh kegiatannya seperti Volkswagen Fun Driving Academy di Puncak, berbagai kegiatan amal, Anniversary dengan didukung oleh PT. Garuda

8. MBC Depok

MBC Depok dibentuk sebagai wadah para pecinta motor besar dengan kapasitas mesin diatas 400cc (“Moge”) untuk memperluas jalinan silahturahmi, sharing informasi dan penyaluran hobb-hobby yang bernilai positif dalam bidang otomotif khususnya Moge ini Secara keorganisasian, MBC Depok dikukuhkan pada 7 Juli 2012 dan menginduk kepada MBC Indonesia yang berpusat di Jakarta. Meskipun usianya masih terbilang muda komunitas yang kini beranggotakan 25 orang anggota ini telah menggelar berbagai kegiatan seperti Baksos dan Kunjungan ke Veteran Perang RI di Kuningan, Jawa Barat pada tgl 10-11 November 2012, Touring, Kopdar mingguan (tiap jumat malam) di DoubleDipps margonda. Adapun prestasi dari MBC Depok adalah salah satu anggotanya (bro Arief) melakukan touring 5 negara di Asia pada bulan Desember 2012 dan berinteraksi dengan komunitas-komunitas moge setempat. Mataram Motor.

9. BBC (Banker Biker Community)


Banker Bikers Community (BBC) merupakan kumpulan bikers Harley-Davidson yang kesehariannya bergelut dalam bidang keuangan, tidak cuma di bank tapi bisa juga di asuransi dan sebagainya. BBC diresmikan pada 23 Mei 2010 di Jakarta. Komunitas yang diketui oleh Direktur Utama Bank BNI, Gatot Murdiantoro Suwondo ini selain menggelar gathering juga sering menyelenggarakan berbagai aktivitas sosial, pelatihan safety riding, hingga touring ke luar kota. Ketika touring keluar kota, mereka akan menyinggahi bank-bank yang anggotanya ikut dalam touring tersebut.