Oleh: -

Tak kenal maka tak sayang, semakin kenal maka akan semakin sayang. Pepatah lama ini rupanya berlaku sampai kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa pun. Pepatah lama yang juga dirasakan kebenarannya oleh Melani Leimena Suharli. Sejak bergabung ke dalam Partai Demokrat pada tahun 2005, sosok perempuan kelahiran Jakarta, 27 Januari 1951 ini semakin dekat dan mencintai rakyat.

Cintanya semakin lekat dan dalam terlebih ketika dia mulai merajut pengabdian sebagai anggota DPR RI pada tahun 2009-2014, lalu berlanjut untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024. Bahkan, sempat mengampu jabatan Wakil Ketua MPR RI.

Dia meyakini sejak awal bergabung dengan Partai Demokrat merupakan langkah tepat. Pasalnya, hingga HUT ke20 Partai Demokrat, visi dan misi partai sama dengan obsesi dirinya untuk selalu bisa hadir berkontribusi bagi rakyat. “Alhamdulillah, saya sangat senang, apalagi HUT ke-20 Partai Demokrat kali ini menjunjung tagline ‘Berkoalisi dengan Rakyat’. Saya kira ini adalah bentuk Komitmen Partai Demokrat untuk selalu membela masyarakat dan bangsa,” ujar wakil ketua Dewan Penasihat KADIN Jakarta ini kepada Men’s Obsession beberapa waktu lalu.

Pada perayaan HUT kali ini, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan Melani dalam Bulan Bakti Demokrat. Seperti memberikan bantuan kursi untuk pertemuan warga, peralatan Rebana dan Hadroh, memberikan bantuan kursi roda untuk lansia, dan disabilitas di wilayah Jakarta Pusat maupun Jakarta Selatan. Bantuan wireless portable sound untuk inventaris RT/RW dan majelis taklim di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, bantuan sarana olahraga tenis meja lengkap di wilayah Kramat Jakarta Pusat dan Kebagusan Jakarta Selatan, serta bantuan tempat cuci tangan portable.

Sebagai anggota DPR RI, dia juga sigap memberikan pertolongan yang dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi, seperti penyemprotan disinfektan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan yang melibatkan Karang Taruna setempat. Termasuk pemberian WIFI gratis untuk anak sekolah dan pembagian vitamin demi membantu meningkatkan imunitas warga di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Selain itu, juga memberikan bantuan modal usaha untuk warga UMKM yang terdampak pandemi dan pembagian sembako untuk warga isoman yang terkena dampak Covid-19. Bantuan nasi kotak untuk tenaga kesehatan di RSUD Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Serta bantuan 1000 vaksin untuk warga Jakarta Pusat maupun Jakarta Selatan.

“Saya menyalurkan aspirasi rakyat dengan memberikan bantuan renovasi dan perlengkapan bangunan PAUD, renovasi mushola maupun masjid, renovasi balai warga dan renovasi MCK di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Intinya, saya menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan masyarakat, termasuk apa yang bisa disinergikan dengan mitra saya di DPR RI dan dapat diwujudkan untuk rakyat melalui saya sebagai anggota DPR,” jelas perempuan yang baru saja mendapat penghargaan sebagai Tokoh Srikandi Demokrat tersebut.

Melani mengatakan, dia cukup optimis bahwa kesulitan akibat pandemi Covid-19 ini akan segera berlalu. Untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, dia bersama rekan-rekannya dan mitra di Komisi VI DPR RI, seperti Kementerian Koperasi, UKM dan Kementerian Investasi dan Kementerian BUMN melakukan beragam upaya. Misanya, mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan usaha, baik industri makanan, bengkel, usaha kelontong, bahkan sampai industri batik. Tak lupa, di dalam pelatihanpelatihan tersebut dia memprioritaskan perempuan, agar mereka mampu mandiri dan berdaya.

“Sebagai wakil rakyat dan tentunya kader Partai Demokrat, saya siap hadir mewujudkan rasa cinta kepada rakyat dengan kekuatan yang saya miliki. Saya berharap, Partai Demokrat semakin dekat dengan rakyat maupun para pemimpin dan kader Demokrat juga semakin sensitif, peka, peduli pada keadilan, harapan rakyat perjuangan Demokrat. Semoga masyarakat dan bangsa kita selalu rukun serta bersatu,” pungkasnya dengan optimis.