Ford Community Indonesia (FCI), Bukan Komunitas Otomotif Biasa

Oleh: content (Administrator) - 06 May 2013
Naskah: Giatri Foto: Dok. FCI
It’s not about community, it’s FCI! It’s about to built tough family and no boundaries to lead the way their vehicles.

Ford Community Indonesia (FCI) namanya. Sebelum menjadi FCI, awalnya mereka menamakan dirinya dengan sebutan Jaksel Ranger Club (RJC). Pasalnya, ketika itu varian Ford belum terlalu banyak, hanya ada Ford Ranger.

Berdiri pada 24 Agustus 2002 di Jatiluhur, RJC terus bermetamorfosa, hingga akhirnya perubahan nama kembali terjadi. Ranger Club Indonesia (RCI) adalah nama pilihan berikutnya.

Setahun kemudian, Ford meluncurkan varian baru seperti Everest, Escape, dan Lynx. Demi lebih meluaskan jaringan dan jalinan persaudaraan, hobi, serta mempersatukan semua varian Ford, nama RCI pun kembali digoyang.

Maka, bertepatan dengan ulang tahun pertama, 24 Agustus 2003, RCI resmi berganti FCI. I Wayan Siu Kumara, Ketua Umum FCI mengatakan, komunitas yang dinakhodainya didirikan dengan tujuan untuk saling berbagi pengalaman antarsesama penunggang Ford. Baik mengenai keluhan kendaraan, kerusakan ataupun tips memodifikasi mobil agar terlihat lebih eye catching dan elegan.

Menurut Wayan, dalam komunitas ini, keluarga dan kekeluargaan merupakan bagian terpenting. Karena alasan ini pula, FCI dilahirkan, yakni keanggotaannya diperuntukkan bagi seluruh pemilik brand Ford, tidak parsial hanya untuk satu varian mobil saja. “Kami sangat mengutamakan kebersamaan karena hal tersebut juga merupakan bagian dari refreshing,” ucapnya