25 Tahun Langkah Sukses PT. Pundarika Atma Semesta

Oleh: Syulianita (Editor) - 21 January 2021

Tahun 2021 menjadi momentum berharga bagi PT. Pundarika Atma Semesta yang memperingati langkah sukses ke-25 tahun sebagai perusahaan merek lokal berstandar internasional dan memiliki sertifikasi terkemuka. Truk multifungsi yang diproduksi melalui proses pengerjaan dengan teknologi canggih menggunakan mesin otomatis dan robot, sehingga menghasilkan produk-produk yang presisi dan terjaga kualitasnya.

Berkantor di Jakarta Pusat dan pabrik produksi dengan luas area sebesar 30,000 meter persegi berlokasi di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, PT. Pundarika Atma Semesta melayani para loyal konsumen dari  dalam dan luar negeri. PT Pundarika Atma Semesta juga dikenal memiliki produk lokal unggulan dengan merek Ayaxx “Melayani dengan Kualitas & Kualitas”, kategori Fire Truck menggunakan pompa dari WS. Darley & Co. – yang memiliki standard dari NFPA (National Fire Protection Association) 1901 dan bersertifikasi ISO 9001:2015 yang diterbitkan oleh UL (Underwriters Laboratory Inc. ), yang merupakan perusahaan independen global spesialisasi keselamatan dengan reputasi internasional lebih dari satu abad dalam inovasi solusi keselamatan. 

Beberapa seri produk merek Ayaxx “Melayani dengan Kualitas & Kualitas” adalah Fire Truck mulai dari tipe JA 3.000/4000L, JA 5.000/6.000L, JA 10.000/12.000L, Rescue Truck, Ambulance, Hot Flushing Oil/Sludge, Vacuum Truck, Towing Truck, Mining Field Fire Service, Fire Jeep, Sky Lift hingga Dry Chemical Trailer, Fire Ladder, Airport Crash Tender dan banyak tipe lainnya. Ayaxx “Melayani dengan Kualitas & Kualitas” memiliki keunggulan lain dalam kategorinya seperti pompa pemadam terbaik, merupakan member dan mengikuti kualifikasi standard NFPA, sistem manajemen ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018 dan manajemen mutu otomotif IATF (International Automotive Task Force) 16949. Keunggulan lainnya, yaitu produksi menggunakan teknologi oven painting, electrostatic painting, pengelasan teknologi robot dan mesin komputerisasi CNC (Computer Numerical Control), serta melalui teknologi komputerisasi digital untuk penyeimbang poros-porosnya, uji kecepatan dan uji stabilitas.

Selama perjalanan bisnis dari PT. Pundarika Atma Semesta dari sejak berdirinya, tahun yang memiliki tantangan besar dan menjadi titik balik kesuksesan adalah pada masa krisis ekonomi di tahun 1998, dengan maraknya demonstrasi massa di berbagai daerah di Indonesia. Kondisi tersebut justru meningkatkan permintaan akan kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan secara drastis, guna keperluan perlindungan korporasi maupun dari instansi pemerintah di pusat maupun daerah di Indonesia untuk perlindungan masyarakat umum dari gangguan bahaya demonstrasi massa. Sejak itu seiring dengan peningkatan kualitas dan kuantitas produksi membuat PT. Pundarika Atma Semesta berhasil menguasai pasar nasional dan ekspor internasional. Selama perjalanan bisnis hingga tahun 2020 lalu, PT. Pundarika Atma Semesta telah menghasilkan lebih dari 2.000 unit Fire Truck. Segala pencapaian dan proses menuju sukses, mendorong PT. Pundarika Atma Semesta untuk terus mengembangkan lini bisnis lainnya sebagai one-stop solution bagi para konsumennya, termasuk di antaranya yaitu sebagai agen tunggal di Indonesia untuk produk pompa dan keamanan dari bahaya kebakaran dari WS Darley & Co., penyediaan peralatan Fire Rescue mulai dari extinguisher hingga keperluan personelnya seperti fireman jacket set, aluminized approach suit hingga penyediaan system Fire Alarm & Hydrant.

Lokasi pabrik di Indonesia dengan luas area yang dimiliki, PT. Pundarika Atma Semesta juga sangat menguntungkan bagi para  konsumennya selain mendapatkan after sales service, berupa garansi spare part dari unit truk dan fire extinguisher pump, juga service dalam hal penyediaan infrastruktur di lapangan yang khusus didesain untuk pelatihan unit truknya maupun personelnya. (Tan)